ANALISA KUALITAS PRODUK CORAN PIG IRON METODA INVESTMENT CASTING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR BENTONITE CLAYS DAN RICE HUSK ASH (RHA)

MUHAMMAD, FARIZ PRASETYA (2018) ANALISA KUALITAS PRODUK CORAN PIG IRON METODA INVESTMENT CASTING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR BENTONITE CLAYS DAN RICE HUSK ASH (RHA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Terakhir)
3. BAB TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir ilmiah Akhir)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses pengecoran adalah serangkaian proses penyiapan cetakan, pencairan logam, penuangan logam ke dalam cetakan, proses solidifikasi, pembongkaran cetakan dan finishing jika diperlukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitass produk hasil pengecoran adalah cetakan yang digunakan. Pada industri pengecoran Sungai Puar menggunakan cetakan dengan bahan dasar White Bentonite Clay dan Rice Husk Ash (RHA). Pada kesehariannya, cetakan ini hanya digunakan untuk proses pengecoran logam non ferrous. Maka dari itu akan dianalisa apakah cetakan White Bentonite Clay dan Rice Husk Ash (RHA) akan mampu menahan temperatur tuangan logam ferrous dan. Logam ferrous yang akan digunakan adalah Pig Iron. Variasi cetakan yang digunakan terdiri dari 3 macam cetakan kulit, antara lain conventional mold (menggunakan zircon, colloidal silica dan aluminosilicates stucco), White Bentonite Clay dan Rice Husk Ash (RHA) dengan campuran colloidal silica, dan White Bentonite Clay dan Rice Husk Ash (RHA) dengan campuran colloidal silica dan aluminosilicates stucco. Pada penelitian ini akan didapatkan hasil berupa tingkat kekerasan produk hasil coran, komposisi kimia serta struktur mikro dari produk hasil coran. Pada produk coran didapat kesimpulan bahwa cetakan industri Sungai Puar tidak mampu menahan temperatur tuang logam ferrous. Dari hasil yang didapat diperoleh bahwa struktur mikro dari bahan dasar Pig Iron mengalami perubahan yang signifikan akibat adanya penambahan pada kadar karbon yang terdapat dari hasil proses pengecoran. Dimana kadar karbon Pig Iron sebesar 3.5-4.5% sedangkan pada hasil pengujian komposisi kimia produk hasil coran White Bentonite Clay dan Rice Husk Ash (RHA) dengan campuran colloidal silica mengalami penambahan kadar karbon dengan total kadar karbon produk hasil coran sebesar 6.507%. Sehingga menyebabkan tingkat kekerasan mengalami kenaikan. Pembimbing : Dr. Ir. Is Prima Nanda, MT dan Dr. Adjar Pratoto

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Is Prima Nanda, MT
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:34
Last Modified: 19 Oct 2018 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39166

Actions (login required)

View Item View Item