NINDRI, MAY CHILIA (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB 5.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL)
skripsi nindri full upload.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Adiwiyata di Kota Padang, yang mencakup pelaksanaan komponen Adiwiyata di sekolah, dan pembinaan serta penilaian Adiwiyata yang dilaksanakan oleh pemerintah terkait. Program Adiwiyata bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman dan meningkatkan pengetahuan peserta didik akan pentingnya menjaga dan meletarikan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Ripley dan Franklin yang mengatakan bahwa ada dua hal yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana sebuah program dilaksanakan, yaitu kepatuhan dan apa yang terjadi dan mengapa. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi dan studi dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi program Adiwiyata merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh semua sekolah di kota Padang. (2) pemahaman implementor terhadap pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata yang ada di Kota Padang, yaitu Peraturan Walikota Padang No 43 tahun 2016, masih sangat minim, karena tidak adanya sosialisasi yang dilakukan. (3) implementor mendukung sepenuhnya pelaksanaan program Adiwiyata di sekolah. (4) pelaksanaan kebijakan berwawasan lingkungan di sekolah sudah terlaksana dengan merubah visi dan misi yang mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan sekolah, kurikulum berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan menitegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran, ketiga, kegiatan lingkungan bersifat partisipatif dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan dan mengelola sarana ramah lingkungan dengan memanfaatkan komposter, biopori, Green House, taman dan lainnya. (5) kendalah yang dihadapi yaitu kurangnya koordinasi dari implementor dengan OPD lainnya, kurangnya dana untuk pelaksanaan program dan sulit merubah kebiasaan siswa dan warga sekolah untuk menjaga kebersihan, serta sulit bagi implementor untuk mengawasi sekolah swasta dalam pelaksanaan program Adiwiyata. Kata kunci: implementasi, Adiwiyata, Sekolah, Berwawasan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Kusdarini, S.IP, M.PA |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 17:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 17:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39087 |
Actions (login required)
View Item |