Kajian Penerapan Sistem Pemilahan dan Pewadahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun Rumah Tangga (SB3-RT) pada Sumber Komersil Kota Padang

Theresia, Florenta Sinurat (2018) Kajian Penerapan Sistem Pemilahan dan Pewadahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun Rumah Tangga (SB3-RT) pada Sumber Komersil Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I--PENDAHLUAN.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB V--PENUTUP.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img] Text (Skripsi File Utuh)
5. Tugas AKhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengelolaan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun Rumah Tangga (SB3-RT) diawali dengan sistem pemilahan dan pewadahan sampah di masing-masing sumber. SB3-RT tidak hanya dihasillkan dari sumber domestik namun juga dihasilkan dari sumber komersil seperti pertokoan, rumah makan, hotel, salon dan bengkel. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan, menerapkan dan mengevaluasi penerapan sistem pemilahan dan pewadahan SB3-RT serta memperbaharui data timbulan dan komposisi SB3-RT pada sumber komersil. Penerapan sistem dilakukan pada 30 unit sumber komersil dengan tingkat keandalan survei 93,3% Dari hasil analisis diperoleh, pemberian sosialisasi mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang SB3-RT dari 10% menjadi 90%. Tingkat partisipasi masyarakat terhadap penerapan sistem yakni 90% yang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan. Timbulan yang dihasilkan pada penelitian ini mengalami peningkatan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Timbulan rata-rata SB3-RT yang dihasilkan 3,75 kg/unit/minggu dengan satuan timbulan meningkat dari 0,0026 kg/m2/hari menjadi 0,0041 kg/m2/hari. SB3-RT yang dihasilkan pada sumber komersil lebih banyak ditemukan dalam bentuk produk pembersih, produk perawatan tubuh dan produk otomotif. Karakteristik SB3-RT cenderung bersifat toksik, korosif dan mudah meledak/terbakar. Kata Kunci: Pemilahan dan pewadahan, Penerapan sistem, Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun Rumah Tangga (SB3-RT), Sumber komersil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. YENNI RUSLINDA, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:14
Last Modified: 18 Oct 2018 16:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39066

Actions (login required)

View Item View Item