ANALISIS KANDUNGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR GALON DAN HIGIENE SANITASI PERORANGAN KONSUMEN DOMESTIK DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Rahmi, Tri Ultari (2018) ANALISIS KANDUNGAN TOTAL COLIFORM PADA AIR GALON DAN HIGIENE SANITASI PERORANGAN KONSUMEN DOMESTIK DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
PDF1.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
PDF2.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
PDF3.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
PDF4.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
PDF5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis kandungan Total Coliform dan hubungan higiene sanitasi perorangan dengan keberadaan Total Coliform dalam Air Minum Isi Ulang (AMIU) yang dikonsumsi masyarakat di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. AMIU yang digunakan dari 2 depot dengan kandungan Total Coliform paling banyak dan paling sedikit. Jumlah sampel yang diambil dalam satu AMIU yaitu sebanyak 10 sampel konsumen domestik selama 2 hari berturut-turut. Selain pengambilan sampel, juga dilakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada konsumen, melakukan observasi serta dokumentasi untuk mengamati higiene dan sanitasi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan kandungan Total Coliform air minum pada hari pertama dan kedua sebanyak 6,1-35 MPN/100 ml, ternyata bakterinya adalah E.coli. Pengukuran pH dan suhu sebagai persyaratan parameter kimia dan fisika air minum yang memenuhi baku mutu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Higiene sanitasi merupakan upaya untuk mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi yang berasal dari tempat, peralatan dan penjamah terhadap air minum agar aman dikonsumsi, sehingga sangat berkaitan dengan kandungan Total Coliform. Hubungan antara sikap higiene sanitasi perorangan konsumen dengan kandungan Total Coliform dalam AMIU adalah negatif dan mempunyai korelasi yang kuat dengan nilai r sebesar 0,703 pada konsumen AMIU A dan 0,771 pada konsumen AMIU B. Hubungan yang negatif menunjukkan bahwa semakin baik higiene sanitasi perorangan maka semakin rendah kandungan Total Coliform dalam AMIU. Kata Kunci: Total Coliform, AMIU, konsumen domestik, higiene sanitasi perorangan, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RINDA ANDHITA REGIA, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 18 Oct 2018 15:58
Last Modified: 18 Oct 2018 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39038

Actions (login required)

View Item View Item