Hubungan Karakteristik Wanita Usia Subur dengan Hasil Pemeriksaan IVA di Wilayah Kerja Puskesmaas Padang Pasir tahun 2017

Silvia, Mardiah (2018) Hubungan Karakteristik Wanita Usia Subur dengan Hasil Pemeriksaan IVA di Wilayah Kerja Puskesmaas Padang Pasir tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
3. bab 7 penutup.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS SKRIPSI, September 2018 SILVIA MARDIAH. NO.BP.1410331021 HUBUNGAN KARAKTERISTIK WANITA USIA SUBUR DENGAN HASIL PEMERIKSAAN IVA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR TAHUN 2017 Xix + 86 halaman, 4 tabel, 3 gambar, 9 lampiran ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian kedua wanita di Indonesia. Deteksi dini penting dilakukan untuk menurunkan kejadian kanker serviks. Deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) merupakan pemeriksaan yang efektif dan efisien dari segi waktu, metode dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik wanita usia subur dengan hasil pemeriksaan IVA di wilayah kerja puskesmas padang pasir tahun 2017. Metode Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain case control study. Populasi terbagi menjadi dua, kelompok kasus (semua wanita usia subur dengan hasil pemeriksaan IVA positif) dan kelompok kontrol (semua wanita usia subur dengan hasil pemeriksaan IVA negatif). Besar sampel yaitu 46 orang diambil secara simple random sampling dengan perbadingan kasus : kontrol (1 : 1). Data diperoleh dari rekam medis pasien. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi square. Hasil Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang berhubungan dengan hasil pemeriksaan IVA meliputi umur (p=0,012), riwayat KB homonal (p=0,007) dan pendidikan (p=0,011). Sedangkan faktor yang tidak memiliki hubungan adalah paritas dan riwayat skrining kanker serviks. Kesimpulan Wanita berusia ≥ 35 tahun, memiliki riwayat penggunaan KB hormonal dan berasal dari pendidikan dasar akan lebih beresiko untuk mendapatkan hasil pemeriksaan IVA positif. Daftar Pustaka : 80 (2000-2018) Kata Kunci : Kanker serviks, IVA, umur, riwayat KB hormonal, pendidikan, paritas, riwayat skrining kanker serviks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, M.HID, Dr.PH
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 12 Oct 2018 15:46
Last Modified: 12 Oct 2018 15:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38424

Actions (login required)

View Item View Item