ANALISIS KEMENANGAN GUSTIN PRAMONA PADA PEMILIHAN LEGISLATIF KOTA PADANG PERIODE 2009-2014 DAN PERIODE 2014-2019

BILLY, FEBRIMA HIDAYAT (2018) ANALISIS KEMENANGAN GUSTIN PRAMONA PADA PEMILIHAN LEGISLATIF KOTA PADANG PERIODE 2009-2014 DAN PERIODE 2014-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP/KESIMPULAN))
BAB VI (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Billy Febrima Hidayat. 1310832012. Analisis Kemenangan Gustin Pramona Pada Pemilihan Legislatif Kota Padang Periode 2009-2014 dan Periode 2014-2019. Jurusan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas, Padang. 2018. Dibimbing oleh Pembimbing I Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, MA dan Pembimbing II Dewi Anggraini, S.IP, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemenangan Gustin Pramona sebagai satu-satunya calon legislatif perempuan pada pemilihan legislatif Kota Padang periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Gustin Pramona merupakan caleg perempuan yang diusung oleh Partai Demokrat dari Kabupaten Solok yang berhasil mengalahkan tiga pesaing incumbent Partai Demokrat yang berasal dari daerah Kecamatan Koto Tangah dengan perolehan 1.391 suara. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti faktor kemenangan Gustin Pramona dalam pemilihan legislatif Kota Padang pada periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik, dengan indikator Product, Promotion, Price, dan Place. Adapun konsep yang digunakan adalah pemilihan umum dan keterwakilan perempuan dalam politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Gustin Pramona telah menjalankan marketing politic secara optimal. Pertama Product (Produk) dengan cara menawarkan program-program berbasis pembangunan dan bantuan dengan menggunakan komunikasi interpersoal yaitu tatap muka atau dialog. Dari aspek gender, Gustin Pramona merangkul perempuan yang memiliki kesenjangan sosial dan memberikan solusi atas permasalahan sosial yang ada dengan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Kedua Promotion (Promosi), Gustin Pramona menggunakan media cetak dan media ruang seperti baliho, spanduk, sticker, kalender, dan kartu nama, dan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp sebagai media promosi dirinya. Ketiga Price (harga) harga yang dikeluarkan oleh Gustin Pramona merupakan pemenuhan segala kebutuhan kampanye dan sosialisasi dengan masyarakat. Keempat Place (Penempatan) tiga daerah yang menjadi target marketing yaitu Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kelurahan Lubuak Buayo, dan Kelurahan Padang Sarai, dengan tidak meninggalkan kelurahan lain untuk mendapatkan tambahan suara. Gustin Pramona juga membentuk tim pemenangan yaitu Sahabat Gustin. Kata Kunci : Pemilu Legislatif, Keterwakilan Perempuan, Marketing Politik (Product, Promotion, Price, dan Place)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, MA
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 15 Oct 2018 12:47
Last Modified: 15 Oct 2018 12:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38057

Actions (login required)

View Item View Item