RIDHYALLA, AFNUHAZI (2015) PENGARUH SOCIAL SKILLS TRAINING (SST) TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK AUTISME (6-12 TAHUN) DI SLB AUTIS YAYASAN PENGEMBANGAN PONTENSI ANAK (YPPA) PADANG TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Tesis Full Text)
1260.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jumlah penyandang autis di dunia sekitar 35 juta orang, kisaran 60.000 – 150.000 autis terjadi pada anak usia dibawah 15 tahun yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Terapi yang diberikan untuk peningkatan kemampuan sosial pada anak autis dilakukan terapi Social Skill Training (SST). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh SST terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme (6 -12 Tahun) di SLB Autis YPPA Padang Tahun 2015. Penelitian dilaksanakan di SLB Autis YPPA Padang bulan Maret-November 2015 dengan desain quasi experimental one-group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak autis yang berusia 6-12 Tahun dan sampel diambil dengan convenience sampling yang berjumlah 30 orang. Teknik pengolahan data univariat distribusi frekuensi dan central tedensy dan data bivariat dengan Paired T-test.Hasil penelitian terdapat pengaruh SST terhadap kemampuan sosialisasi anak autis sebelum dan sesudah diberikan terapi dengan Pvalue = 0,012, dan faktor karakteristik berat ringan gejala yang berhubungan dengan kemampuan sosialisasi anak autis dengan Pvalue = 0,000.Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini keperawatan agar dapat mendeteksi secara dini tanda gejala yang dialami oleh anak autis sehingga tidak terjadi tanda gejala berat dan melatih kemampuan sosialisasi anak autis dengan terapi SST.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Mr Beni Adriyassin |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 02:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 10:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3781 |
Actions (login required)
View Item |