PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN DENGAN METODE ELEKTROPLATING NIKEL PADA BAJA DENGAN BANTUAN MAGNETIC STIRRER TERHADAP KETEBALAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN LAPISAN

Niko, Rensen (2018) PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN DENGAN METODE ELEKTROPLATING NIKEL PADA BAJA DENGAN BANTUAN MAGNETIC STIRRER TERHADAP KETEBALAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN LAPISAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abtrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. Tugas Akhir FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Electroplating adalah suatu proses pengendapan/deposisi ion-ion logam pelindung (anoda) yang diinginkan di atas logam lain (katoda) secara elektrolisa. Pelapisan nikel pada baja memiliki temperatur dan waktu proses yang bervariasi sehingga memungkinkan keberagaman hasil pelapisan. Oleh karena itu, perlu penyederhanaan dan penentuan titik operasi optimum untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu dan temperatur terhadap ketebalan dan kekerasan permukaan lapisan. Spesimen yang diuji berupa plat baja ST-37 yang berjumlah 16 buah dengan panjang 35 mm, lebar 35 mm dan tebal 4 mm sebagai logam dasarnya sedangkan nikel adalah pelapisnya. Spesimen diamplas dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses electroplating. Kondisi pelapisan dengan variasi temperatur 40oC, 45oC, 50oC dan 55oC, waktu proses 10, 15, 20 dan 25 menit, besar arus 2 Ampere, tegangan 4 Volt dan 50 rpm. Pengujian ketebalan lapisan menggunakan mikroskop stereo dan pengujian kekerasan menggunakan alat uji keras vicker. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi nilai temperatur dan waktu maka nilai ketebalan dan kekerasan juga semakin tinggi. Kata kunci : Elektroplating,Pelapisan, Elektrolit, Nikel (Ni), arus, temperatur, waktu, ketebalan, kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng Jon Affi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 03 Aug 2018 14:34
Last Modified: 03 Aug 2018 14:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37461

Actions (login required)

View Item View Item