ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI INTELLECTUAL CAPITAL PADA LAPORAN TAHUNAN PERIODE 2015-2016 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Onizalioni, Onizalioni (0024) ANALISIS TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI INTELLECTUAL CAPITAL PADA LAPORAN TAHUNAN PERIODE 2015-2016 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstark)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Full-Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan luas pengungkapan intellectual capital (IC) pada perusahaan sector keuangan di Indonesia. Meski sudah banyak penelitian yang mengkaji pengaruh IC terhadap nilai perusahaan, tetapi penelitian yang mengkaji luasnya pelaporan IC pada sustainabity reporting jumlahnya masih terbatas. Dari penelitian terdahulu, di Indonesia tingkat pengungkapan masih rendah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptik dengan teknik content analysis terhadap laporan tahunan perusahaan keuangan di Indonesia. Konten analisis digunakan untuk mendeskripsikan kategori IC yang berkaitan dengan intangible assets: human capital, organizational capital dan relational capital. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh peningkatan pengungkapan intellectual capital dalam 2 tahun (2015 ke 2016). Secara umum terdapat peningkatan pengungkapan intellectual capital sebesar 5%. Peningkatan ini disebabkan adanya peningkatan pada setiap item intellectual capital, yaitu human capital meningkat sebesar 2%, organizational capital meningkat sebesar 6%, dan relational capital meningkat sebesar 7%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pengungkapan IC pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI masih rendah, namun terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Kata kunci: intellectual capital, pengungkapan, CSR, Laporan Tahunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Denny Yohana, SE, Msi, CA, Ak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 27 Jul 2018 16:23
Last Modified: 27 Jul 2018 16:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37006

Actions (login required)

View Item View Item