Ghalib, Verdita Putra (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 16/1/PBI/2014 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JASA SISTEM PEMBAYARAN PADA PT BANK BCA TBK PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam aktifitas bisnis, perjanjian sudah sangat sering digunakan. Perjanjian merupakan kegiatan dimana satu pihak atau lebih megikatkan dirinya dengan pihak lain atau lebih untuk melaksanakan atau melakukan sesuatu dan berdasarkan kata-kata sepakat atau setuju. Perkembangan zaman membuat banyak perjanjian baru yang lahir bahkan perjanjian tersebut ada yang tidak diatur didalam KUH Perdata. Perjanjian yang tidak diatur didalam KUH Perdata biasa di sebut dengan perjanjian tidak bernama. Klausula baku merupakan salah satu bentuk perjanjian tidak bernama. Klausula baku merupakan perjanjian yang isi dan bentuknya telah di tetapkan secara sepihak oleh pelaku usaha. Klausula baku seringkali digunakan dalam dunia usaha khususnya dalam dunia perbankan. Klausula baku dianggap salah satu perjanjian yang efektif dan efisien dibandingkan perjanjian yang lain karena dibuat secara sepihak dan dapat diterbitkan secara masssal. Disisi lain, klausula baku bisa menimbulkan kerugian dan membebankan pihak konsumen karena konsumen tidak terlibat dalam pembentukan klausula tersebut. Didalam perbankan ada banyak sekali kegiatan perbankan yang menggunakan klausula baku, salah satunya penerbitan rekening tabungan beserta ATM, oleh karena itu Bank Indonesia selaku Bank Sentral Indonesia membuat sebuat peraturan yang bertujuan mencegah dan melindungi para nasabah dari klausula-klausula baku yang dapat merugikan nasabah. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Jasa Sistem Pembayaran, Bank
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr.H.Rembrandt,S.H.,M.Pd |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 10:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 10:27 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36806 |
Actions (login required)
View Item |