KINERJA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA PADANG

WANDA, AYU LESTARI (2018) KINERJA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR PENUTUP)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wanda Ayu Lestari. No. BP :1110841008. Kinerja Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2018. Dibimbing oleh Drs. Yoserizal, M.Si dan Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 163 halaman dengan referensi 11buku teori, 7 buku metode, 5 Dasar Hukum, 4 Jurnal dan Skripsi dan 6 website internet. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Kinerja Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang. Kajian ini dilator belakangi oleh keadaan dimana adanya fenomena konsumen yang cenderung menjadi objekaktivitas bisnis dari pelaku usaha untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya terhadap penggunaan dan pemanfaatanbarang dan/ ataujasa yang telah mereka sediakan.Sehingga menyebabkan kedudukan antara konsumen dengan pelaku usaha menjadi tidak seimbang.Situasi demikian mengakibatkan munculnya perselisihan atau sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha. Makap emerintah memberikan alternative metode penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan yang dapat ditempuh melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kinerja BPSK Kota Padang dalam melaksanakan penanganandaan penyelesaian sengketa konsumen melalui konsiliasi, mediasi dan arbitrase. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif denganti pedeskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Unit analisisnya adalah lembaga, BPSK Kota Padang. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Teori Sistem yang dikemukakan oleh Tri Kadarwati dalam Graldino A. Sayd. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja BPSK Kota Padang dalam melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa onsumen melalui konsiliasi, mediasi dan arbitrase telah berjalan cukup baik. Karena masih adanya kendala-kendala dari segi sediaan sumber daya pada masukan (input) masih belum memadai. Ketersediaan sumber daya manusia yang masih perlu ditingkatkan lagi; jumlah anggaran yang tersedia saat ini belum mencukupi dan jauh dari yang diharapkan; serta masih minimnya ketersediaan sarana dan prasarana. Pada aktivitas (proses) masih terkendala dalam pelaksanaan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen melalui konsiliasi, mediasi dan arbitrase. Meskipun sudah bekerja sesuai dengan SOP tetapi anggota majelis BPSK Kota Padang tidak mampu menyelesaikan sengketa konsumen dalam jangka waktu 21 Hari Kerja. Pada variable keluaran (output) dikarenakan terjadinya penunggakan kasus sengketa konsumen dari tahun sebelumnya alhasil target yang sudah ditetapkan oleh BPSK Kota Padang setiap tahunnya tidak tercapai. Kata Kunci :Kinerja, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:52
Last Modified: 27 Jul 2018 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36673

Actions (login required)

View Item View Item