Penerapan Customer Value Tabungan Sikoci pada Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang.

Mutthiah, Buchermi (2018) Penerapan Customer Value Tabungan Sikoci pada Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover lengkap dg dospem)
cover lengkap dg dospem.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Saat ini perusahaan dituntut untuk berusaha membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat suatu perusahaan harus mampu untuk mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan yang cukup ketat. Salah satunya dengan mengembangkan strategi untuk mempertahankan konsumen melalui pengembangan nilai pelanggan (customer value). Dengan menyediakan jasa pelayanan yang berkualitas, pihak manajemen suatu perusahan harus memperhatikan nilai yang sesuai dengan syarat-syarat yang dituntut oleh pelanggan. Salah satu industri jasa yang saat ini mengalami persaingan yang cukup ketat adalah industri perbankan. Menurut Hasibuan (2011), bisnis perbankan merupakan bisnis jasa yang berdasarkan pada azas kepercayaan, sehingga masalah nilai pelanggan menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan usaha. Perkembangan nilai nasabah (customer value) dalam dunia perbankan saat ini begitu pesat baik nilai produk, nilai harga, dan nilai pelayanan. Menurut Abdullah (2012), bank adalah badan usaha yang mengumpulkan uang dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan menyalurkan kepada masyrakat dalam bentuk pinjaman atau kredit dan dalam bentuk lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. Banyak masyarakat membutuhkan bank sebagai sarana untuk menyimpan uang dan memberikan pinjaman kepada masyarakat yang ingin memulai usaha nya dari usaha kecil hingga usaha besar.Bank juga perantara keingan masyarakat, yaitu perantara dari mereka yang kelebihan uang, dan menyimpan uangnya dalam bentuk giro, deposito, dan tabungan. Serta melayani kebutuhan uang dan melayani kebutuhan masyarakat melalui pemberian kredit. Terlepas dari kesesuaian dimensi nilai pelanggan (customer value) dengan kondisi yang spesifik, yang jelas adalah bahwa pemenuhan dimensi nilai pelanggan (customer value) merupakan suatu keharusan apabila manajemen perusahaan ingin meningkatkan loyalitas nasabahnya. Sejalan dengan persaingan yang semakin tajam dan permintaan pasar meningkat, banyak jenis produk dan jasa yang ditawarkan oleh perbankan kepada nasabahnya. Perbankan juga harus bisa menerapkan dan menetapkan kebijakan dan strategi yang tepat untuk konsumen maupun pesaing dalam mempertahankan keberlangsungan hidup usahanya.Bank pemerintah saat ini bukan satu-satunya pilahan masyarakat sebagai tempat untuk menyimpan uang maupun pelayanan jasa perbankan lainnya karena masyarakat sudah semakin selektif dan kritis terhadap tuntutan pelayanan.Sebagai bank daerah PT. Bank Nagari BPD Sumatera Barat sudah berpengalaman lebih dari setengah abad dituntut untuk manjadi bank. PT. Bank Nagari Kantor Cabang Padang merupakan salah satu kantor cabang dari PT. Bank Nagari Sumatera Barat yang berada dikota padang. Dengan adanya berbagai jenis bank di Kota Padang tentunya menjadikan masyarakat lebih selektif dalam memilih dan menilai jasa perbankan yang akan mereka gunakan. Nasabah akan melihat apakah penyediaan produk pada masing-masing bank sudah sesuai dengan keinginan dan dapat memenuhi kebutuhannya sehingga dapat meningkatkan nilai nasabah (cost value). Karena meningkatnya kepuasan konsumen akan menaikkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Konsumen yang mendapatkan kepuasan dari jasa perusahaan akan melakukan intensitas pembelian ulang yang lebih sering serta memberitahukan pengalamannya kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ma’ruf, SE, Mbus, Ph. D
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:17
Last Modified: 26 Jul 2018 11:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36376

Actions (login required)

View Item View Item