ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-SERVQUAL DI BAGIAN BEDAH DAN NON BEDAH RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP)DR. M. DJAMIL PADANG

RAHMAT, HIDAYAT (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-SERVQUAL DI BAGIAN BEDAH DAN NON BEDAH RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP)DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan instansi pelayanan kesehatan yang membantu pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Fungsi dan tujuan didirikan rumah sakit yaitu untuk mengobati dan melayani orang sakit. Pelayanan yang diberikan rumah sakit dapat menimbulkan rasa kepuasan pada pasien. Salah satu rumah sakit yang terbesar di Sumatera Barat yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang. Terjadi penurunan jumlah pasien di bagian Instalasi Rawat Inap (IRNA) RSUP Dr. M. Djamil Padang dari tahun 2015 ke tahun 2016 sebanyak 250 pasien. Penurunan jumlah pasien dapat dipengaruhi oleh kepuasan pasien yang menurun. Hal ini dapat dilihat dari tidak tercapainya target kepuasan pasien yaitu sebesar 80%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pada bagian IRNA Bedah dan Non Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang dan menentukan prioritas perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Survei pendahuluan dilakukan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di RSUP Dr. M. Djamil Padang yang berhubungan dengan kualitas pelayanan di rumah sakit. Kuesioner disebarkan kepada 97 responden pasien pada bagian IRNA Bedah dan Non bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penentuan kualitas pelayanan dilakukan dengan metode Fuzzy-Servqual dan penentuan prioritas perbaikan dilakukan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada IRNA Bedah dan Non Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari nilai gap untuk 22 item indikator pelayanan semuanya bernilai negatif (-). Secara keseluruhan pasien belum puas terhadap 5 item indikator pelayanan yang ditandai dengan memiliki nilai gap paling rendah yang berkaitan dengan prosedur penerimaan pasien, kondisi ruang tunggu, ketepatan waktu datangnya dokter, pelayanan perawat terhadap pasien, dan pasien akan merekomendasikan kepada keluarga dan teman. Usulan perbaikan pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan IRNA Bedah dan Non Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang yaitu membuat Standard Operational Procedure (SOP) proses penerimaan pasien, melengkapi fasilitas ruang tunggu, melaksanakan sistem reward dan punishment, melakukan pelatihan komunikasi interpersonal untuk perawat, dan melakukan kerja sama dengan pihak penginapan (wisma). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan kompetitif, tidak hanya secara lokal, melainkan juga di tingkat nasional maupun global. Kata Kunci : Fuzzy-Servqual, IPA, kualitas, pelayanan, RSUP Dr. M. Djamil Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ELITA AMRINA, Ph.D, IPM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Jul 2018 16:51
Last Modified: 25 Jul 2018 16:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36268

Actions (login required)

View Item View Item