Analisa Pola Tingkah Laku Perubahan Tegangan Pada Single Machine Infinite Bus (SIMB) Dengan Metoda Penempatan Kutub (Algoritma Ackerman)

Farkhan, Mahbub Habibi Tanjung (2018) Analisa Pola Tingkah Laku Perubahan Tegangan Pada Single Machine Infinite Bus (SIMB) Dengan Metoda Penempatan Kutub (Algoritma Ackerman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
02 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
03 BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
05 Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisa performansi, analisa kestabilan dan analisa kekokohan sistem single machine infinite bus (SMIB). Sistem SMIB merupakan subsistem tenaga listrik yang terdiri dari satu atau lebih generator yang terhubung ke bus yang tak terhingga. Sistem SMIB ini merupakan subsistem yang paling berpengaruh terhadap performansi sistem tenaga listrik. Analisa yang dilakukan meliputi analisa performansi dalam domain waktu, analisa performansi dalam domain frekuensi, analisa kestabilan dan analisa kekokohan. Performansi, kestabilan dan kekokohan merupakan faktor - faktor penting yang harus diperhatikan dalam operasi sistem single machine infinite bus (SMIB). Performansi, kestabilan dan kekokohan sistem tenaga listrik akan terganggu jika ada gangguan. Ada 2 jenis gangguan yang sering terjadi dalam operasi sistem tenaga listrik diantaranya gangguan berat dan gangguan kecil. Jika gangguan ini terus terjadi secara terus menerus setiap waktu akan berakibat terjadinya perubahan parameter – parameter pada sistem SMIB terutama perubahan tegangan. Perubahan parameter – parameter ini bisa mengakibatkan SMIB akan terganggu dan berakibat sistem tidak mampu lagi bekerja secara normal setelah mengalami gangguan. Dengan menggunakan metoda Penempatan Kutub menggunakan algoritma Ackerman dan data – data sistem single machine infinite bus (SMIB) akan dilakukan analisa performansi, kestabilan dan kekokohan. Hasil analisa menunjukan bahwa performansi, kestabilan dan kekokohan sistem SMIB dengan metoda Penempatan Kutub menggunakan algoritma Ackerman bersifat lebih baik. Kata Kunci: Metoda Penempatan Kutub, Algoritma Ackerman, dan Single Machine Infinite Bus (SMIB).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, MT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Jul 2018 16:55
Last Modified: 25 Jul 2018 16:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item View Item