STUDI PENGGUNAAN RELAI JARAK PADA JARINGAN DISTRIBUSI YANG MEMILIKI PEMBANGKIT TERSEBAR DENGAN MENGGUNAKAN DIGSILENT POWERFACTORY

Alexander, Ronaldo Putra Sijabat (2018) STUDI PENGGUNAAN RELAI JARAK PADA JARINGAN DISTRIBUSI YANG MEMILIKI PEMBANGKIT TERSEBAR DENGAN MENGGUNAKAN DIGSILENT POWERFACTORY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA Alexander ronaldo Putra Sijabat Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembangkit tersebar (PT) merupakan terobosan teknologi yang trend pada saat ini. Pada jaringan distribusi yang memiliki PT sistem proteksi akan dipengaruhi oleh 3 buah kondisi yaitu kondisi grid terhubung, grid terputus dan penambahan jumlah atau kapasitas PT. Ketiga kondisi ini akan menyebabkan nilai arus normal dan arus gangguan pada sistem berubah. Perubahan nilai arus ini dapat menyebakan relai arus lebih yang terdapat pada sistem mengalami gagal kerja karena arus gangguan yang dibaca relai lebih kecil dari setting. Kemungkinan lain, relai mengalami maloperasi karena koordinasi relai menjadi tidak tepat. Relai jarak merupakan relai yang bekerja berdasarkan besar impedansi. Pada penelitian ini dilakukan studi penggunaan relai jarak pada jaringan distribusi yang memiliki PT. Pengujian dilakukan dengan 5 skenario yaitu grid terhubung, grid terputus, penambahan PT dengan kapasitas 2000kW pada bus 5, grid terputus dengan impedansi gangguan 0.02 ohm dan grid terhubung dengan impedansi gangguan 2 ohm. Gangguan yang diujikan adalah gangguan 3 fasa dan antar fasa dengan lokasi gangguan pada saluran dan bus. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwal relai jarak memiliki kinerja yang baik saat digunakan pada keempat diata scenario pertama. Hal itu diperoleh hanya dengan melalukan satu setting. Relai arus lebih yang ada pada jaringan juga dapat berkoordinasi dengan relai jarak. Namun relai jarak dapat mengalami gagal kerja ketika gangguan yang terjadi adalah gangguan antar fasa dengan impedansi gangguan yang besar karena impedansi yang dibaca relai menjadi lebih besar dari setting. Kata Kunci: Pembangkit Tersebar (PT), Relai Jarak, dan Koordinasi Proteksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adrianti
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:28
Last Modified: 25 Jul 2018 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35890

Actions (login required)

View Item View Item