KOORDINASI PROTEKSI ARUS LEBIH UNTUK GRID TERHUBUNG DAN GRID TERPUTUS PADA JARINGAN DISTRIBUSI DENGAN PEMBANGKIT TERSEBAR

Sri, Wahyuni (2018) KOORDINASI PROTEKSI ARUS LEBIH UNTUK GRID TERHUBUNG DAN GRID TERPUTUS PADA JARINGAN DISTRIBUSI DENGAN PEMBANGKIT TERSEBAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TA Sri Wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Islanding merupakan kondisi ketika jaringan distribusi yang memiliki Pembangkit Tersebar (PT) terputus dari grid namun PT tetap menyalurkan daya ke beban. Pada saat ini, operasi PT harus segera dimatikan apabila grid terputus dari jaringan distribusi. Operasi Islanding atau grid terputus akan memperbaiki keandalan jaringan distribusi karena konsumen tetap mendapat pasokan daya walaupun grid terputus dari jaringan distribusi, sehingga operasi PT ketika grid terputus perlu dilakukan. Operasi ini akan mengakibatkan arus gangguan pada saat grid terhubung jauh lebih besar dari arus gangguan ketika grid terputus, sehingga sistem proteksi tidak bekerja seperti yang diharapkan setelah grid terputus. Hal ini dibuktikan dengan pengujian koordinasi relai arus lebih dengan menggunakan setting relai grid terhubung ketika kondisi grid terputus, dari pengujian tersebut koordinasi relai tidak bekerja dengan tepat. Sehingga saat grid terputus dilakukan setting ulang relai dan pengujian koordinasi relai pada 3 titik, dari pengujian tersebut dihasilkan bahwa koordinasi proteksi saat grid terputus sudah bekerja dengan baik. Setting relai grid terputus digunakan untuk kondisi grid terhubung dan dilakukkan pengujian koordinasi. Pengujian dilakukan di 9 titik lokasi gangguan, dari pengujian tersebut dihasilkan bahwa koordinasi proteksi saat grid terhubung sudah teruji dengan baik. Kata Kunci: Grid terputus, Pembangkit Tersebar (PT), Relai Arus Lebih, Koordinasi Proteksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adrianti
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:27
Last Modified: 25 Jul 2018 15:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35888

Actions (login required)

View Item View Item