Analisis Pelaksanaan Program Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018 (Studi Kasus Puskesmas Lubuk Kilangan dan Puskesmas Anak Air)

Deska, Alfiani (2018) Analisis Pelaksanaan Program Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018 (Studi Kasus Puskesmas Lubuk Kilangan dan Puskesmas Anak Air). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI AKHIR)
BAB VI AKHIR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Semua BAB FIX)
Semua BAB FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pencapaian pemeriksaan IVA di Kota Padang sebesar 10,12% dari target tahun 2017 (20%). Pencapaian bervariasi di Puskesmas Kota Padang, tertinggi di Puskesmas Lubuk Kilangan (85,23%) dan terendah di Puskesmas Anak Air (1,05%). Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pemeriksaan IVA. Penelitian bertujuan menganalisis pelaksanaan program deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Puskesmas Kota Padang tahun 2018. Metode Desain penelitian adalah kualitatif. Informan berjumlah 19 orang dan teknik pemilihan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan indept interview, observasi, FGD, dan telaah dokumen. Pengelolaan data dengan mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil Hasil penelitian di dua puskesmas didapatkan kurang maksimalnya peran tenaga kesehatan, dana bersumber dari JKN, BOK dan DAK. Sarana prasarana di Puskesmas Lubuk Kilangan lengkap dan di Puskesmas Anak Air belum lengkap, SOP dibuat oleh puskesmas. Perencanaan disusun pemegang program di awal tahun, belum ada struktur organisasi tertulis, belum semua langkah sesuai SOP. Monev dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang dan Kepala Puskesmas. Kesimpulan Program deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Puskesmas Kota Padang sudah berjalan dengan baik, namun masih perlu perbaikan pada tenaga kesehatan, sarana prasarana dan pelaksanaan program IVA. Disarankan kepada Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mengadakan pelatihan dan puskesmas melengkapi sarana prasarana agar program dapat berjalan dengan optimal. Daftar Pustaka : 42 (1991-2017) Kata Kunci : Deteksi dini kanker serviks, metode IVA, Puskesmas Lubuk Kilangan, Puskesmas Anak Air

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syafrawati, SKM, M. Comm Health Sc
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Jul 2018 11:33
Last Modified: 16 Jul 2018 11:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35088

Actions (login required)

View Item View Item