Filosofi Penamaan Makanan Di Daerah Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kambang Kabupaten Pesisir Selatan (Kajian Linguistik Kebudayaan)

Meksi, Rahma Nesti (2018) Filosofi Penamaan Makanan Di Daerah Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kambang Kabupaten Pesisir Selatan (Kajian Linguistik Kebudayaan). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
Tesis upload Meksi Rahma Nesti, M.Hum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk nama makanan di daerah Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. (2) Mengetahui makna, fungsi, dan nilai nama makanan di daerah Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. (3) Menjelaskan filosofi penamaan makanan di daerah Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Pada proses penyediaan data, metode yang digunakan adalah metode simak dan metode cakap, dan teknik yang digunakan yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Metode simak, teknik dasarnya menggunakan teknik sadap, sedangkan teknik lanjutan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode cakap menggunakan teknik dasar yaitu teknik dasar pancing, sedangkan teknik lanjutannya, yaitu teknik cakap semuka, rekam, dan catat. Pada tahap analisis data digunakan metode padan referensial dan translasional dengan teknik dasar teknik pilah unsur penentu dan teknik lanjutan menggunakan teknik hubung banding menyamakan. Selanjutnya, metode yang digunakan untuk penyajian hasil analisis data yaitu metode informal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil yang ditemukan adalah (1) hanya diketahui 15 latar belakang penamaan makanan di daerah Mungka, sedangkan di daerah Kambang hanya diketahui 20 latar belakang penamaan makanan; (2) makna yang terkandung dalam penamaan makanan di daerah Mungka dan daerah Kambang yaitu makna konseptual, makna asosiatif refleksi, dan makna asosiatif konotatif. Fungsi penamaan makanan di daerah Mungka dan daerah Kambang yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, dan fungsi sosiologis. Nilai yang terkandung dari penamaan makanan di daerah Mungka yaitu nilai kemasyarakatan/solidaritas, nilai ekonomi, nilai kuasa, dan nilai agama. Nilai yang terkandung dari penamaan makanan di daerah Kambang yaitu nilai kemasyarakatan/solidaritas, nilai ekonomi, nilai seni, nilai agama, dan nilai kuasa; (3) setiap daerah mempunyai makanan tradisi yang berbeda-beda dan setiap makanan tradisi mempunyai filosofi/landasan/asal usul maupun kepercayaan masyarakat terhadap makanan tersebut juga berbeda. Berdasarkan hal tersebut, penamaan makanan di daerah Mungka dan daerah Kambang ditemukan bentuk latar belakang penamaan makanan dari bahan, proses atau cara, matangnya masakan, rasa, kata yang sering muncul, sifat khas, tradisi, sejarah, nama cetakan, bentuk, dan orang yang mengkonsumsi makanan tersebut. Berdasarkan temuan, hanya ditemukan dua bentuk latar belakang dari kesembilan poin yang dikemukakan Chaer, yaitu bahan dan sifat khas. Selain itu, penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk melestarikan dan mengenalkan makanan daerah kepada siswa SD, SMP, dan SMA dalam pelajaran muatan lokal. Kata kunci: penamaan makanan, bentuk, makna, fungsi, nilai, filosofi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nadra, M.S.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 06 Jun 2018 13:10
Last Modified: 06 Jun 2018 13:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34811

Actions (login required)

View Item View Item