Pemanfaatan Biochar dari Limbah Kopi dan Pengaruhnya Terhadap Perbaikan Ciri Kimia Inceptisol dan Pertumbuhan Tanaman Sawi

Ahmad, Fadli (2018) Pemanfaatan Biochar dari Limbah Kopi dan Pengaruhnya Terhadap Perbaikan Ciri Kimia Inceptisol dan Pertumbuhan Tanaman Sawi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover- Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
(13)BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
(17)BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
(19)DAFTAR PUSTAKAver1.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Produksi kopi yang berkembang diikuti oleh potensi limbah yang besar. Solok Selatan merupakan salah satu sentra produksi kopi di Sumatera Barat. Potensi limbah yang besar ini belum dimanfaatkan dengan baik sedangkan limbah ini dapat dijadikan amelioran tanah seperti biochar. Biochar memiliki manfaat terhadap peningkatan kualitas tanah diantaranya memperbaiki struktur tanah, menahan air dan unsur hara, memperkaya karbon tanah. Penelitian ini telah dilaksanakan di Jorong Alai Sako Kenagarian Sako Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Pada bulan Agustus sampai Desember 2017. Analisis tanah dilakukan di Laboratorium Kimia Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat biochar dari limbah kopi dan pengaruhnya terhadap perbaikan ciri kimia Inceptisol serta pertumbuhan sawi. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 ulangan. Dosis perlakuan yang terdiri dari A (kontrol); B (2,5 ton/ha); C (5 ton/ha); D (10 ton/ha); E (20 ton/ha). Hasil terbaik penelitian menunjukkan pemberian biochar pada dosis 20 ton/ha dapat memperbaiki sifat kimia Inceptisol sebesar 0,93 unit pH; 0,05 % N; 0,57 % C; 4,24 ppm P; 9,23 me/100g KTK, dibandingkan dengan kontrol. Biochar pada dosis 20 ton/ha memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sawi, dengan peningkatan tinggi tanaman (8,5 cm); jumlah daun (3,22 helai); bobot basah tanaman (18,46 g/tanaman); angkutan hara N tanaman (1,45 g/tanaman); P tanaman (0,12 g/tanaman); K tanaman (0,11 g/tanaman); dibandingkan dengan kontrol. Kata kunci: biochar, Inceptisol, sawi (Brassica juncea.L)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.rer.nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 17 May 2018 14:19
Last Modified: 17 May 2018 14:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34672

Actions (login required)

View Item View Item