JUWARDI, JUWARDI (2018) PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEPERAWATAN RAWAT INAP DI RSUD dr. RASIDIN PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
2.BAB 1.pdf - Published Version Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (bab 5)
3.BAB5.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (264kB) | Preview |
|
Text (thesis full text)
Thesis Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang perkembangan RSUD dr. Rasidin, dimana persentase jumlah kunjungan pasien yang datang berobat ke RSUD dr. Rasidin sejak lima tahun terakhir dari tahun 2012 - 2016 mengalami penurunan, sementara potensi yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut cukup mendukung untuk menjadikannya sebagai tujuan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, disebabkan sumber daya yang dimiliki baik sarana dan prasarana penunjang serta ketenagaan terutama tenaga medis dengan spesialisasi yang lebih dari cukup. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuntitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien, dimana subjek penelitiannya adalah pasien yang dirawat inap. Penetapan jumlah sampel ditentukan dengan cara accidental sampling dengan kriteria inklusi, sehingga diperoleh 31 responden. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas di instalasi rawat inap sudah melakukan komunikasi terapeutik secara baik terhadap pasien dengan respon positif dari responden sebanyak 58,1 %. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di rawat inap berada pada tingkat cukup puas dari responden dengan persentase 61,5 %. Pengaruh komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien dalam penelitian tidak ditemukan atau sangat lemah, artinya pada saat ini yang mempengaruhi kepuasan pasien ada faktor lain yang tidak menjadi ranaha penelitian. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, respon, tingkat kepuasan, rawat inap
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Asmawi, MS |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 14 May 2018 18:46 |
Last Modified: | 14 May 2018 18:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34510 |
Actions (login required)
View Item |