Hannan, Firas Fadhilah (2018) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus : PT Igasar). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI .pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pada zaman globalisasi ini pertumbuhan perekonomian dunia semakin pesat. Indonesia bersaing dengan banyak negara-negara berkembang lainnya. Salah satunya yaitu perkembangan infrastruktur di Indonesia. Seiring dengan perkembangan pertumbuhan konstruksi di Indonesia tentunya perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi semen maupun olahan semen, dan jasa konstruksi berlomba-lomba untuk menghasilkan produk dan pelayanan yang bagus dan memuaskan agar bisa bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis yaitu dengan cara meningkatkan kinerja perusahaan. PT Igasar selama ini melakukan pengukuran kinerja dari aspek keuangan. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan tidak hanya melibatkan aspek keuangan tetapi juga non keuangan. Dengan adanya pengukuran kinerja perusahaan PT Igasar maka ada tolak ukur terhadap proses kerja yang telah dilakukan maka dari hasil tersebut dapat dilihat sejauh mana kinerja dan dalam bidang mana saja yang perlu ditingkatkan. Pengukuran kinerja perusahaan dilakukan menggunakan Balanced Scorecard yaitu dari 4 perspektif meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran. Tahapan dalam melakukan pengukuran kinerja yaitu mengidentifikasi indikator kinerja yang sesuai dengan PT Igasar. Kemudian setelah didapatkan Key Performance Indicator(KPI) yang sesuai maka dilakukan pembobotan KPI menggunakan metode perbandingan berpasangan AHP (Analytical Hierarchy Process) oleh expert dari perusahaan. Kemudian mengumpulkan data yang diperlukan dan mengukur kinerja perusahaan PT Igasar. Hasil dari pengukuran kinerja perusahaan menghasilkan 21 KPI diantaranya 10 KPI untuk perspektif keuangan, 3 KPI untuk perspektif pelanggan, 3 KPI untuk perspektif proses bisnis internal, dan 5 KPI untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil pembobotan pada 4 perspektif yaitu bobot tertinggi pada perspektif keuangan 0,321 selanjutnya yaitu perspektif pelanggan sebesar 0,278 dan selanjutnya yaitu perspektif proses bisnis internal 0,225 dan terakhir yaitu perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebesar 0,176. Hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan yaitu nilai skor yang didapatkan sebesar 94%. Hal ini menunjukkan kinerja perusahaan sudah cukup baik. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator(KPI)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D, IPM |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 14 May 2018 12:48 |
Last Modified: | 14 May 2018 12:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34374 |
Actions (login required)
View Item |