PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN (ELECTROPLATING) NIKEL PADA BAJA TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN LAPISAN

Dannu, Ivan Nanini (2018) PENGARUH WAKTU DAN TEMPERATUR LARUTAN PELAPISAN (ELECTROPLATING) NIKEL PADA BAJA TERHADAP KETEBALAN DAN KEKERASAN PERMUKAAN LAPISAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
5. BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img] Text (Laporan Full Text)
LAPORAN TA DANNU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Electroplating adalah suatu proses pengendapan/deposisi ion-ion logam pelindung (anoda) yang diinginkan di atas logam lain (katoda) secara elektrolisa. Pelapisan nikel pada baja memiliki temperatur dan waktu proses yang cukup lebar sehingga memungkinkan keberagaman hasil pelapisan. Oleh karena itu, perlu penyederhanaan dan penentuan titik operasi optimum untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu dan temperatur terhadap ketebalan dan kekerasan permukaan lapisan. Spesimen yang diuji berupa plat baja ST-37 yang berjumlah 16 buah dengan panjang 50 mm, lebar 50 mm dan tebal 4 mm sebagai logam dasarnya sedangkan nikel adalah pelapisnya. Spesimen diamplas dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses electroplating. Kondisi pelapisan dengan variasi temperatur 40oC, 45oC, 50oC dan 55oC, waktu proses 10, 15, 20 dan 25 menit, besar arus 2 Ampere dan tegangan 4 Volt. Pengujian ketebalan lapisan menggunakan mikroskop stereo dan pengujian kekerasan menggunakan alat uji keras vicker. Hasil penilitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi nilai temperatur dan waktu maka nilai ketebalan dan kekerasan juga semakin tinggi. Untuk ketebalan lapisan nikel dengan temperatur 40oC hingga 55oC, waktu 10 menit hingga 25 menit didapat kenaikan dari 22 µm sampai 67.09 µm, sedangkan nilai kekerasan permukaan lapisan didapat kenaikan dari 192.4 HV sampai 274.4 HV. Kata kunci : Electroplating, Pelapisan, Elektrolit, Nikel (Ni), arus, temperatur, waktu, ketebalan, kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. JON AFFI
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 14 May 2018 12:26
Last Modified: 14 May 2018 12:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34321

Actions (login required)

View Item View Item