Pengaruh Pendidikan Keesehatan Tentang Penanganan Diare di Rumah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu yang Memiliki Balita di Puskesmas Pauh Kota Padang

Venti, Agustin (2018) Pengaruh Pendidikan Keesehatan Tentang Penanganan Diare di Rumah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu yang Memiliki Balita di Puskesmas Pauh Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diare merupakan penyebab kematian terbesar kedua pada balita di dunia setelah penyakit pneumonia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang penanganan diare di rumah terhadap pengetahuan dan sikap ibu yang memiliki balita di wilayah kerja Puskesmas Pauh. Penelitian ini berlangsung dari Februari 2017 - April 2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest - Posttest. Tenik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pengetahuan setelah dilakukan pendidikan kesehatan yakni sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 7.23 dan setelah 7.97, dan sikap sebelum diberikan pendidikan kesehatan 23 responden berada dalam kategori positif dan 7 responden kategori negatif. Setelah diberikan pendidikan kesehatan 28 responden berada pada kategori positif, dan 2 responden pada kategori negatif. Hasil uji statistik didapatkan nilai pengetahuan p=0,000 ; Z=-3.720 dan keterampilan p=0,000; Z=-2.741. Diharapkan institusi keperawatan dan puskesmas untuk meningkatkan pemberian edukasi tentang diare dan menjelaskan kepada ibu bagaimana penanganan diare yang benar di rumah dengan metode dan media yang berbeda. Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Diare, Pengetahuan, Sikap Daftar Pustaka : (2012-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2018 16:40
Last Modified: 11 May 2018 16:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33936

Actions (login required)

View Item View Item