DESA WISATA BUKIT APIT (Studi Kasus: Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pariwisata Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi)

Akhmad, Nur Syamsuddin Mahpud (2018) DESA WISATA BUKIT APIT (Studi Kasus: Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pariwisata Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

INTISARI Akhmad Nur Syamsuddin Mahpud. 1210823016. “Desa Wisata Bukit Apit (Studi Kasus: Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pariwisata Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi)”. Pembimbing I Sri Meiyenti, S.Sos, M.Si dan Pembimbing II Fajri Rahman, S.Sos, MA. Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota yang mengimplementasikan pembangunan pariwisata demi membantu masyarakat dalam mengembangkan perekonomian, dengan mengedepankan daya tarik wisata pada daerah tersebut. Kelurahan Bukit Apit Puhun ditunjuk sebagai salah satu kelurahan yang ditetapkan menjadi desa wisata pada tahun 2015, dengan potensi utama Janjang Saribu dan Marandang Kopi, serta didukung beberapa potensi lainnya. Seiring dengan berjalan program pembangunan pariwisata, masyarakat belum mendapatkan dampak yang signifikan karena partisipasi myarakat sendiri yang minim. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui apa yang menyebabkan minimnya partisipasi masyarakat dalam membangun Desa Wisata Bukit Apit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dipilih berdasarkan tujuan penelitian (pusposive sampling) maka informan yang dipilih adalah informan yang dianggap mampu memberikan informasi agar tujuan penelitian dapat tercapai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara (mendalam), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diklasifikasikan menurut masing – masing kategori dari temuan data yang kemudian dianalis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa belum berpengaruhnya Desa Wisata Bukit Apit bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat disebabkan oleh minimnya partisipasi masyarakat oleh berbagai permasalahan yang ada. Untuk melihat tahap-tahap partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa wisata, dibagi kedalam 3 tahap partisipasi, diantaranya ; partisipasi tahap penentuan arah, partisipasi pelaksanaan, dan partisipasi penerimaan manfaat. Sehingga didapatkan penyebab dari minimnya partisipasi masyarakat karena pembangunan tidak menyentuh masyarakat (tidak semua dilibatkan), kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memanfaatkan pariwisata, kelompok (Pokdarwis) yang diberi tanggung jawab dalam mengurus desa wisata tidak berjalan, dan permasalahan sengketa lahan. Kata Kunci : Pembangunan Pariwisata, Desa Wisata, Partisipasi, dan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Meiyenti, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 11 May 2018 11:28
Last Modified: 11 May 2018 11:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33672

Actions (login required)

View Item View Item