Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Studi pada Guru Sekolah Agama di Kabupaten Pesisir Selatan)

Anita, Marlinda (2018) Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Studi pada Guru Sekolah Agama di Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

LITERASI KEUANGAN SYARIAH MASYARAKAT KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI PADA GURU SEKOLAH AGAMA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN) Skripsi oleh: Anita Marlinda Pembimbing: M.Fany Alfarisi, SE. MsFin, PhD ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan syariah, keterkaitan faktor demografi dengan literasi keuangan syariah dan keterkaitan literasi keuangan syraiah dengan penggunaan produk dan jasa keuangan syariah pada guru sekolah agama di Kabupaten Pesisir Selatan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 108 orang guru sekolah agama di Kabupaten Pesisir Selatan. Pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji crosstab dengan chi-square melalui program SPSS 22.0 (Statistical Program for Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Literasi keuangan syariah guru sekolah agama di Kabupaten Pesisir Selatan termasuk dalam kategori sedang, (2) Ada hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat literasi keuangan syariah, (3) Ada hubungan antara usia dengan tingkat literasi keuangan syariah, (4) Ada hubungan antara pendidikan dengan tingkat literasi keuangan syariah, (5) Tidak ada hubungan antara status perkawinan dengan tingkat literasi keuangan syariah, (6) Tidak ada hubungan antara pekerjaan dengan tingkat literasi keuangan syariah, (7) Tidak ada hubungan antara pendapatan perbulan dengan tingkat literasi keuangan syariah dan (8) Literasi keuangan syariah lebih tinggi dibandingkan penggunaan produk dan jasa keuangan syariah dan praktik penggunaan produk dan jasa keuangan syariah masih berada jauh di bawah penggunaan produk dan jasa keuangan konvensional. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Jenis Kelamin, Usia , Pendidikan, Status Perkawinan, Pekerjaan, Pendapatan Perbulan, Penggunaan Produk dan Jasa Keuangan Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 09 May 2018 11:01
Last Modified: 09 May 2018 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item