EVALUASI KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Hikmah, Purnama Azani (2016) EVALUASI KUALITAS HIDUP PASIEN ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB1.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB5.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Asma adalah suatu kondisi paru-paru kronis yang ditandai dengan sulit bernapas. Penyakit asma memiliki dampak negatif terhadap kualitas hidup penderitanya. Farmasis bertanggung jawab untuk mengoptimalkan terapi pengobatan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan edukasi dengan kualitas hidup pasien penderita asma. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental, dengan konsep one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien asma rawat jalan di Poliklinik Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang, instrumen penelitian adalah Asthma Quality of Life Questionnaire (AQLQ(s)) dengan aktivitas yang telah distandarisasi. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor kualitas hidup responden diperoleh saat pretest 3,82±1,18 dan pada posttest 3,90±1,13. Hasil analisa statistik dengan uji Mann Whitney menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup yang signifikan pada pasien asma setelah diberikan edukasi oleh farmasis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Ayu Juwita, M. Farm., Apt.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 03 May 2018 15:39
Last Modified: 03 May 2018 15:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33324

Actions (login required)

View Item View Item