KARAKTERISASI DAN ANALISIS FILM BIOPLASTIK DARI POLIPROPILEN DAN MIKROKRISTALIN SELULOSA (MCC) JERAMI PADI MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI GAS

Ariesta, kirana efmisa (2018) KARAKTERISASI DAN ANALISIS FILM BIOPLASTIK DARI POLIPROPILEN DAN MIKROKRISTALIN SELULOSA (MCC) JERAMI PADI MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI GAS. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Film bioplastik/plastik biodegradable merupakan suatu upaya untuk menangani kerusakan lingkungan akibat limbah sampah plastik yang terjadi di masyarakat. Film bioplastik ini dibuat dari campuran polimer alam dan polimer sintetik. Pada penelitian dibuat film bioplastik dari polipropilen (PP) dan mikrokristalin selulosa jerami padi dengan variasi 90%:10%; 85%:15%; dan 80%:20%. Film bioplastik yang terbentuk dikarakterisasi meliputi uji kuat tarik, uji ketahanan air, uji FTIR, uji SEM, uji biodegradabilitas serta analisis kadar polipropilen dengan kromatografi gas. Hasil uji kuat tarik menunjukkan bahwa semakin tinggi jumlah mikrokristalin selulosa yang ditambahkan akan menurunkan kuat tarik dan elongasi, sedangkan nilai modulus youngnya semakin meningkat. Nilai ketahanan air terbesar pada film bioplastik formula C (80%:20%) yaitu sebesar 99.27%. Uji FTIR tidak terbentuk gugus baru pada film bioplastik hanya pencampuran fisik antara polipropilen dan mikrokristalin selulosa serta interaksi kimia berupa pergeseran bilangan gelombang. Gugus hidroksida (OH), karbonil (CO) dan ester (COO) mengakibatkan plastik mudah terdegradasi. Hasil SEM menunjukkan terdapat lobang-lobang pada permukaan film bioplastik. Untuk tingkat biodegradabilitas plastik dilakukan pengujian secara in-vitro dengan penguburan didalam tanah humus. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin besar kandungan mikrokristalin selulosa akan semakin tinggi tingkat biodegradabilitasnya. Analisis kromatografi gas dilakukan dengan cara pirolisis pada suhu 4050C selama 2 jam. Senyawa yang terdapat yaitu C12H24 ( 7-metil-1-undekena) dengan waktu retensi 5.883 menit. Kata kunci: Karakterisasi, film bioplastik, polipropilen, mikrokristalin selulosa jerami padi, kromatografi gas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Regina Andayani, S. Si., M.Si., Apt
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 05 Apr 2018 14:42
Last Modified: 05 Apr 2018 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32978

Actions (login required)

View Item View Item