PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC BANKING VALUE ADDED INTELLECTUAL COEFFICIENT (IB-VAIC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

SRY, YULIA ANRIZAL (2018) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC BANKING VALUE ADDED INTELLECTUAL COEFFICIENT (IB-VAIC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text -pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh intellectual capital dan komponennya terhadap kinerja keuangan bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2011-2016. Kinerja keuangan diukur dengan return on assets (ROA). Intellectual capital diukur dengan islamic banking value added intellectual coefficient (iB-VAIC). Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 11 bank umum syariah. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi masing-masing bank umum syariah. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda untuk melihat pengaruh komponen intellectual capital (iB-VACA, iB-VAHU dan iB-STVA) terhadap kinerja keuangan, dan analisis regresi linear sederhana untuk melihat pengaruh intellectual capital (iB-VAIC) terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa islamic banking value added capital employed (iB-VACA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Islamic banking value added human capital (iB-VAHU) dan islamic banking value added structural capital (iB-STVA) tidak signifikan terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Islamic banking value added intellectual coefficient (iB-VAIC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan bank umum syariah periode 2011-2016. Kata Kunci : intellectual capital, islamic banking value added intellectual coefficient (iB-VAIC), kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Efa Yonnedi,SE,MPPM,Ak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 16 Mar 2018 16:41
Last Modified: 16 Mar 2018 16:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32687

Actions (login required)

View Item View Item