PENGARUH EKSTRAK ETANOL BUAH PARE (Momordica charantia L.) TERHADAP STRUKTUR HISTOLOGI HATI DAN GINJAL INDUK MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) GALUR SWISS

Lilya, Rahmah (2017) PENGARUH EKSTRAK ETANOL BUAH PARE (Momordica charantia L.) TERHADAP STRUKTUR HISTOLOGI HATI DAN GINJAL INDUK MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) GALUR SWISS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
3. Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh ekstrak etanol buah pare (Momordica charantia L.) terhadap struktur histologi hati dan ginjal induk Mencit (Mus musculus L.) telah dilakukan dari bulan Juni sampai April 2017 dilaboratorium Struktur dan Perkembangan Hewan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 10 ulangan. Perlakuan I (P0) merupakan kelompok hewan uji yang tidak diberikan ekstrak etanol buah pare. Perlakuan P1, P2 dan P3 masing-masingnya adalah hewan uji yang diberi ekstrak dengan dosis 500, 750 dan 1000 mg/kgbb. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak etanol buah pare mempengaruhi perubahan yang nyata terhadap perubahan jaringan hati dan ginjal. Perubahan yang ditemukan berupa lisis pada vena sentralis, hipertrofi sel, vakuolisasi sitoplasma, degenerasi dan piknosis sel pada hati. Atrofi glomerulus, hipertrofi sel tubulus, vakuolisasi sitoplasma, degenerasi dan piknotik sel pada ginjal. Pemberian ektrak etanol buah pare pada hati dapat meningkatkan persentase kerusakan vena sentralis secara nyata. Pada ginjal, efek pemberian ekstrak etanol buah pare secara nyata juga meningkatkan persentase kerusakan glomerulus, menurunkan diameter glomerulus, dan melebarkan jarak ruang bowman. Kata Kunci : Momordica charantia L., Mus musculus L., Histologi hati dan ginjal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Warnety Munir
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 19 Mar 2018 15:30
Last Modified: 19 Mar 2018 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32640

Actions (login required)

View Item View Item