ANALISIS TERHADAP DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA PASAL 340 KUHP (Studi Kasus Putusan Nomor: 137/Pid.B/2016/PN.PYH)

Rafika, firmanila (2018) ANALISIS TERHADAP DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA PASAL 340 KUHP (Studi Kasus Putusan Nomor: 137/Pid.B/2016/PN.PYH). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pidana mati merupakan ancaman pidana maksimum terhadap tindak pidana pembunuhan berencana yang diatur dalam Pasal 340 KUHP. Di Sumatera Barat terdapat perkara pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Donny Erianto Pgl. Doni terhadap Revo Mario. Majelis hakim di Pengadilan Negeri Kelas II Payakumbuh dalam perkara ini menjatuhkan pidana mati terhadap terdakwa Donny Erianto Pgl. Doni dalam Putusan Nomor: 137/Pid.B/2016/PN.PYH. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimanakah dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana mati terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP dalam Putusan Nomor: 137/Pid.B/2016/PN.PYH dan bagaimanakah pembuktian dalam putusan pidana mati terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP dalam Putusan Nomor: 137/Pid.B/2016/PN.PYH. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan kasus dan pendekatan undang-undang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan cara editing terhadap data yang tekah dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana mati terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP berpijak pada teori absolut yakni untuk memberikan pembalasan yang setimpal kepada pelaku atas tindak pidana yang dilakukannya. Dalam pembuktiannya jaksa penuntut umum mengajukan beberapa alat bukti berupa keterangan saksi, keterangan ahli, surat dan keterangan terdakwa yang dijadikan oleh hakim sebagai dasar pertimbangan dalam menjatuhkan pidana maksimum berupa pidana mati kepada pelaku tindak pidana pembunuhan berencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yoserwan, S.H., M.H., LLM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Mar 2018 12:55
Last Modified: 12 Mar 2018 12:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32572

Actions (login required)

View Item View Item