PENENTUAN FAKTOR KRITIS KEBERHASILAN (CRITICAL SUCCESS FACTORS) SKEMA PEMBIAYAAN INVESTASI KERJA SAMA PEMERINTAH DAN SWASTA (Studi Kasus : Plaza Andalas Padang)

Warni, Chairanisa (2018) PENENTUAN FAKTOR KRITIS KEBERHASILAN (CRITICAL SUCCESS FACTORS) SKEMA PEMBIAYAAN INVESTASI KERJA SAMA PEMERINTAH DAN SWASTA (Studi Kasus : Plaza Andalas Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
3 BAB VI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
5 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jumlah pemerintah negara berkembang yang menunjukkan ketertarikan untuk penggunaan Kerja sama Pemerintah dan Swasta (KPS) dalam penyediaan aset dan layanan infrastruktur publik semakin meningkat. KPS merupakan pilihan yang semakin populer bagi para pembuat kebijakan dalam pengimplementasian proyek-proyek publik yang dianggap penting terutama dalam mengatasi kekurangan sumber pendanaan pemerintah dan pentingnya mengatasi ketidakefektifan publik. Di sisi lain, berbagai masalah juga ditemui pada KPS dalam mengembangkan infrastruktur di dunia. Berbagai masalah yang terjadi pada KPS merupakan hal yang wajar mengingat berbagai risiko dan ketidakpastian dalam kontrak KPS, banyaknya pihak yang terlibat, serta kurangnya pengalaman dan keahlian dalam KPS di berbagai negara dan daerah. Pelaksanaan kerja sama pemerintah dan swasta erat kaitannya dengan pembangunan infrastruktur dikarenakan infrastruktur merupakan aspek penting dalam mempercepat proses pembangunan nasional dan penggerak pertumbuhan ekonomi suatu negara. Penyediaan infrastruktur yang memadai guna mendorong pertumbuhan ekonomi bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan pendanaan yang besar untuk menyediakan infrastruktur. Pentingnya peran kerja sama pemerintah dan swasta dalam penyediaan infrastruktur mengakibatkan perlunya diidentifikasi faktor-faktor keberhasilan kerja sama pemerintah dan swasta. Salah satu contoh proyek KPS dalam pembangunan infrastruktur di kota Padang yaitu pembangunan Plaza Andalas. Faktor-faktor keberhasilan diidentifikasi dari studi pustaka dan divalidasi oleh pakar melalui wawancara dan kuesioner. Kemudian dilakukan survei lapangan berupa penyebaran kuesioner kepada responden. Data hasil kuesioner yang dikumpulkan diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan metode corrected item total correlation dan metode Alpha Cronbach. Data yang dapat lanjut untuk dianalisis merupakan data yang valid dan reliabel. Tingkat kepentingan faktor keberhasilan ditentukan menggunakan metode significance index. Penentuan faktor kritis keberhasilan dilakukan dengan menggunakan metode natural cut off point. Perhitungan nilai tingkat kepentingan menunjukkan bahwa faktor keberhasilan yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi yaitu faktor kebijakan ekonomi yang sehat (65,88), dan faktor yang memiliki tingkat kepentingan terendah yaitu faktor ketersediaan pemasok jangka panjang yang dibutuhkan untuk pengoperasian normal proyek (47,06). Perhitungan nilai cut off point didapatkan bahwa dari 52 faktor keberhasilan hanya 32 faktor yang dianggap kritis untuk menjamin keberhasilan kerja sama pemerintah dan swasta. Kata kunci : faktor-faktor kritis keberhasilan, kerja sama pemerintah dan swasta, natural cut off point, significance index

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. INSANNUL KAMIL, Ph.D, IPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 06 Feb 2018 11:45
Last Modified: 06 Feb 2018 11:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32029

Actions (login required)

View Item View Item