KOMUNIKASI DALAM KELUARGA (Studi Etnografi Komunikasi Pola Asuh Orangtua terhadap Remaja Berkasus Seks Bebas di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang)

Ilham, Havifi (2017) KOMUNIKASI DALAM KELUARGA (Studi Etnografi Komunikasi Pola Asuh Orangtua terhadap Remaja Berkasus Seks Bebas di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER & PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I LATAR BELAKANG.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustakaa)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
FULL THESIS - ILHAM HAVIFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Oleh : Ilham Havifi Pembimbing I : Prof. Dr. Afrizal, MA Pembimbing II : Dr. Zainal Arifin, M.Hum Tesis ini berangkat dari sebuah persoalan fundamental pada masyarakat umum saat ini, yakni komunikasi dalam keluarga. Dengan permasalahan, bagaimana komunikasi dalam keluarga pada pola asuh orangtua terhadap remaja yang berkasus seks bebas kategori penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dari Dinas Sosial pada Tiga Keluarga di Kota Padang, tepatnya di Kelurahan Olo Kecamatan Padang Barat. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis mengunakan jenis penelitian kualitatif berparadigma kontrukstivis dengan pendekatan studi etnografi komunikasi. Data–data yang diperlukan untuk mengambarkan komunikasi dalam keluarga pada pola asuh orangtua terhadap remaja berkasus seks bebas di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Dengan informan penelitian yang telah ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive. Dari hasil penelitian mengenai komunikasi dalam keluarga pada pola asuh orangtua terhadap remaja berkasus seks bebas kategori penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini ditemukan bahwa komunikasi dalam pengasuhan anak (remaja) yang dilakukan orangtua terjalin dalam pola komunikasi primer, sekunder, dan linier. Diikuti dengan ditemukannya hambatan komunikasi seperti adanya gangguan semantik, hambatan karena kepentingan, motivasi terpendam, dan adanya prasangka. Oleh karena itu komunikasi antar pribadi di dalam keluarga harus terjalin secara efektif dalam mengasuh remaja saat ini supaya terhindar dari penyimpangan sosial seperti seks bebas dan berbagai permasalahan sosial lainnya, yakni dengan menjalin efektivitas komunikasi antar pribadi yang terdiri dari keterbukaan, empati, perilaku positif, sikap mendukung, dan kesetaraan. Kata kunci : Komunikasi Keluarga, Pola Asuh, Etnografi komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, MA
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 01 Nov 2017 11:01
Last Modified: 01 Nov 2017 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item