FORMULASI CAMPURAN INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK BUAH Piper aduncum DAN DAUN Tephrosia vogelii UNTUK PENGENDALIAN Plutella xylostella Linnaeus (LEPIDOPTERA: PLUTELLIDAE)

Indah, Widhianingrum (2017) FORMULASI CAMPURAN INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK BUAH Piper aduncum DAN DAUN Tephrosia vogelii UNTUK PENGENDALIAN Plutella xylostella Linnaeus (LEPIDOPTERA: PLUTELLIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover Abstrak baru.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR)
SKRIPSI BAB 1- BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Formulasi campuran Piper aduncum dan Tephrosia vogelii dalam bentuk emulsifiable concentrate (EC) dan wettable powder (WP) diketahui aktif mengendalikan Crocidolomia pavonana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh formulasi campuran T. vogelii dan P. aduncum terhadap mortalitas, aktivitas antifeedant, dan lama perkembangan hama utama kubis lainnya yaitu Plutella xylostella. Pengujian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) meliputi uji pendahuluan dan uji lanjutan. Uji pendahuluan dilakukan untuk menentukan rentang konsentrasi pada uji lanjutan dalam mematikan P. xylostella. Penelitian ini menggunakan metode residu pada daun dengan metode tanpa pilihan dengan konsentrasi 0.10% dan 0.25% dan dilakukan sebanyak 4 ulangan. Uji lanjutan dilakukan pada 6 konsentrasi (0.00%, 0.05%, 0.08%, 0.12%, 0.19% dan 0.30%) dan 5 ulangan. Pengujian formulasi EC dan WP menunjukkan aktivitas insektisida terhadap P. xylostella dengan nilai LC50 formulasi EC dan WP berturut-turut 0.07% dan 0.06%, sedangkan nilai LC95 formulasi EC 0.35% dan formulasi WP sebesar 0.37%. Selain itu, formulasi EC dan WP menyebabkan efek antifeedant (82.23% dan 88.09%) dan juga memperpanjang masa perkembangan serangga uji pada formulasi EC 1.34-2.30 hari dibandingkan kontrol dan formulasi WP 1.76-1.82 hari dibandingkan kontrol. Kata kunci : emulsifiable concentrate (EC), insektisida nabati, Plutella xylostella, wettable powder (WP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eka Candra Lina, SP, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Oct 2017 14:55
Last Modified: 27 Oct 2017 14:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31461

Actions (login required)

View Item View Item