ANALISIS PERBANDINGAN USAHATANI PADI ORGANIK DENGAN PADI ANORGANIK DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Lady, Chania (2017) ANALISIS PERBANDINGAN USAHATANI PADI ORGANIK DENGAN PADI ANORGANIK DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRACT.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
SkripsiFullText.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan usahatani padi organik dan padi anorganik serta mengetahui alasan petani memilih usahatani padi organik di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive method). Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskritif dan dilakukan dengan cara survey. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan melihat besarnya biaya dan pendapatan masing-masing usahatani kemudian membandingkan biaya dan pendapatan tersebut. Praktik pertanian organik pada PPO Santiago telah dimuali sejak 2008 kemudian mendapatkan sertfikat pada tahun 2013 dan telah mampu menembus pasar nasional. Hasil penelitian menunjukkan biaya total yang petani padi organik adalah Rp. 11.528.766 sedangkan usahatani padi anorganik adalah Rp. 8.167.044, perbedaan biaya ini disebabkan oleh perbedaan jumlah biaya yang dibayarkan dan diperhitungkan. Biaya yang diperhitungkan pada organik lebih tinggi dikarenakan kompleksnya pengerjaan usahatani organik. Produksi masing-masing usahatani menunjukkan 3.522 Kg/Ha untuk organik dan 2.317 Kg/Ha untuk anorganik. dengan pendapatan masing-masing Rp. 20.558.881 dan Rp. 2.722.622. Petani padi organik memilih usahatani padi organik dikarenakan sedikit biaya (60%), kepuasaan (20%) dan ajakan oleh petani lainnya (13%) serta adanya pasar (7%). Petani anorganik tidak beralih usahatani organik dikarenakan produksi yang lebih sedikit (47%) pengerjaan lebih sulit (37%) serta kurangnya ajakan (17%). Kata Kunci: PPO Santiago, petani organik, petani anorganik, biaya, pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, S.P., M.Si., Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Oct 2017 16:08
Last Modified: 27 Oct 2017 16:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item