Studi Investigasi Risiko Pra-Konstruksi pada Proyek Kerjasama Pemerintah Swasta Kereta Api Barang Shortcut Padang-Solok

Cynthia, Utami Putri (2017) Studi Investigasi Risiko Pra-Konstruksi pada Proyek Kerjasama Pemerintah Swasta Kereta Api Barang Shortcut Padang-Solok. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK CYNTHIA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
2. BAB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI. Kesimpulan dan Saran)
3. BAB VI - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
5. TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)

Abstract

Pembangunan jalur kereta api barang Shortcut Padang-Solok diusulkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam program pengembangan perkeretaapian Sumatera Barat sejak tahun 2011 dan telah terlaksana sampai dengan tahap penyusunan dokumen Pra-Studi Kelayakan, Studi Kelayakan dan penyusunan Detailed Engineering Design (DED). Berdasarkan DED Tahap I, jaringan ini direncanakan akan melewati Stasiun Pauh Limo-Limau Manis-Koto Baru-Gantung Ciri-Kp. Sawah Sudut-Tanah Garam-Selayo-Solok. Pembangunan infrastruktur ini dinilai membutuhkan dana yang sangat besar dikarenakan dari 36,65 km jalur yang akan dibangun terdiri dari terowongan yang melewati hutan lindung sepanjang +25 km. Besarnya biaya investasi membuat pembangunan infrastruktur ini sangat cocok dilaksanakan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah-Swasta (KPS). Namun sampai dengan tahun 2017, Shortcut Padang-Solok belum dimulai pelaksanaan konstruksinya. Hal ini disebabkan banyaknya faktor risiko yang terjadi sebelum masa pelaksanaan pembangunan (pra-konstruksi). Risiko-risiko yang muncul selama masa pra-konstruksi tersebut bertambahnya biaya pembangunan ataupun terhambatnya pelaksanaan pembangunan. Untuk itu dilakukan studi investigasi untuk mengetahui risiko pra-konstruksi yang terjadi terutama risiko yang dikategorikan sebagai risiko dominan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam kelanjutan pelaksanaan pembangunan Infrastruktur Kereta Api Barang Shortcut Padang-Solok. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai dan menyebarkan kuisioner kepada pihak terkait untuk mengetahui kemungkinan terjadi suatu risiko (likelihood), dampak risiko tersebut terhadap biaya (consequences) dan keterkaitannya dengan pembangunan Shortcut Padang-Solok. Pada tahapan Pra-Konstruksi Pembangunan Infrastruktur Jalur Kereta Api Barang Shortcut Padang-Solok teridentifikasi risiko sebanyak 26 variabel dimana 2 risiko (7,69%) terkategorikan Unacceptable, 18 risiko (69,23) terkategorikan Undesireable, 4 risiko (15,38) terkategorikan Acceptable, dan 2 risiko (7,69) terkategorikan Negligible. Penelitian tidak membahas mengenai pembagian alokasi risiko karena sampai dengan tahapan pemograman dan persetujuan pelaksanaan pekerjaan, risiko masih ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah karena pihak swasta belum terikat konsesi. Kata kunci : Risiko, Identifikasi Risiko, Manajemen Risiko, Kerjasama Pemerintah Swasta, KPS

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: IR. AKHMAD SURAJI, PH. D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 30 Oct 2017 12:42
Last Modified: 30 Oct 2017 12:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item