Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus: PT Suwarni Agro Mandiri Plant Pariaman)

Amelia, Andiningtias (2017) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus: PT Suwarni Agro Mandiri Plant Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

PT Suwarni Agro Mandiri Plant Pariaman adalah perusahaan yang memproduksi pupuk dengan berbagai macam bahan baku. Selama ini, proses pemesanan bahan baku dilakukan tanpa prosedur pemesanan bahan baku yang standar, sehingga persediaan bahan baku terkadang dalam kondisi berlebih (overstock) dan terkadang dalam kondisi kurang (stock out). Selain itu, perusahaan ini belum memanfaatkan sistem informasi dalam melakukan aktivitas dan menentukan keputusan persediaan, sehingga perusahaan memerlukan suatu sistem pendukung keputusan pengendalian persediaan bahan baku, Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengendalian persediaan bahan baku beserta sistem pendukung keputusannya. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari perancangan sistem pengendalian persediaan dengan pendekatan metode Material Requirement Planning (MRP). Tahapan selanjutnya yaitu merancang sistem informasi berbasis Online Transaction Processing (OLTP) dengan database bahan baku dan sistem pendukung keputusan pengendalian persediaan bahan baku berbasis Online Analytical Processing (OLAP) dengan data warehouse. Output yang didapatkan dari pengendalian persediaan dengan metode MRP adalah jumlah pemesanan beserta waktu pemesanan optimal. Jumlah biaya persediaan yang harus dikeluarkan perusahaan untuk satu periode perencanaan, yaitu sebesar Rp772.937. Selain itu perancangan sistem menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan yang bisa melakukan proses perhitungan pengendalian persediaan bahan baku, melakukan pengelolaan data harian dengan aplikasi berbasi OLTP serta melakukan analisis data persediaan dengan aplikasi berbasi OLAP. Kata kunci : olap, oltp,perencanaan dan pengendalian persediaan, persediaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DIFANA MEILANI, MISD
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 27 Oct 2017 13:52
Last Modified: 27 Oct 2017 13:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31342

Actions (login required)

View Item View Item