Perancangan Fasilitas Kerja Untuk Perbaikan Postur Kerja Operator (Studi Kasus: Roti Winda dan Raffi di Balai Baru, Padang)

Winda, Sukma (2017) Perancangan Fasilitas Kerja Untuk Perbaikan Postur Kerja Operator (Studi Kasus: Roti Winda dan Raffi di Balai Baru, Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
bab 6 penutup.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia saat ini berkembang pesat usaha masyarakat yang disebut Usaha Kecil Menengah (UKM). Industri pengolahan merupakan salah satu sektor yang banyak dijadikan lapangan usaha oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari tiga belas sektor industri, industri pengolahan diposisi ketiga yang memiliki aktivitas tertinggi sebanyak 14.74% di Provinsi Sumatera Barat. Industri makanan jadi merupakan bagian dari sektor industri pengolahan. Sektor Industri makanan salah satunya yaitu industri roti (bakery). Industri bakery ini banyak diusahakan di Sumatera Barat khususnya di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada usaha Roti Winda & Raffi yang merupakan salah satu UKM di Kota Padang. Studi pendahuluan dilakukan dengan pengamataan secara langsung dan wawancara dengan pihak Roti Winda & Raffi. Hasil pengamatan yang dilakukan banyak permasalahan yang ditemui dan perlu segera diperbaiki seperti postur kerja yang tidak ergonomis, resiko kerja serta lingkungan kerja operator. Perbaikan postur kerja menggunakan pendekatan 10 Physical Ergonomics Principle berupa rekomendasi fasilitas kerja terdiri dari meja penggadukan, meja penggilingan, meja penggorengan, meja pengemasan, meja perkakas, pengaduk dan kursi untuk operator beristirahat. Usulan yang direkomendasikan yaitu penambahan lampu T8 Tube High lumen output sebanyak tiga buah di tiga titik dan penambahan earplug untuk lima orang operator. Hasil perancangan menggunakan teknik validasi kontekstual menggunakan REBA. Hasil yang didapatkan terjadinya penurunan level risiko dari level sangat tinggi menjadi level rendah. Perbaikan postur kerja yang dilakukan untuk menurunkan keluhan fisik operator dalam bekerja. Perbaikan postur kerja dilakukan pada stasiun kerja pengadukan, stasiun kerja penggilingan, stasiun kerja penggorengan dan stasiun kerja pengemasan sedangkan perancangan layout pada masing-masing stasiun kerja bertujuan untuk mempermudah operator bekerja. Kata Kunci : Fasilitas Kerja, Layout, NBM, REBA, Sistem Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIK M.T
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 27 Oct 2017 15:18
Last Modified: 27 Oct 2017 15:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item View Item