PENGARUH NILAI FRAKSI MASSA TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERPINDAHAN PANAS ALIRAN CAMPURAN CAIR-UAP PADA PIPA LURUS DENGAN VORTEX GENERATOR

Asyaddullah, Aljundy (2017) PENGARUH NILAI FRAKSI MASSA TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERPINDAHAN PANAS ALIRAN CAMPURAN CAIR-UAP PADA PIPA LURUS DENGAN VORTEX GENERATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam peralatan penukar panas seringkali terjadi perubahan fasa menjadi fasa campuran cair dan uap untuk perpindahan panas. Perpindahan panas dipengaruhi oleh nilai kualitas fasa. Salah satu cara untuk meningkatkan koefisien perpindahan panas konveksi pada peralatan penukar panas adalah menambahkan pipa lurus dengan vortex generator yang digunakan sebagai test section pada aliran evaporasi alat penukar panas. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pengaruh variasi nilai kualitas fasa terhadap nilai koefisien perpindahan panas konveksi pada pipa lurus dengan vortex generator. Test section terbuat dari pipa tembaga dengan diameter 12,5 mm dan panjang 1500 mm yang diberikan kalor disepanjang pipa dengan memasang heater dan memberikan insulasi pada bagian luar test section untuk meminimalisir kalor terbuang kelingkungan. Dari hasil percobaan ditemukan bahwa dengan bertambahnya nilai fraksi massa yaitu 0,64928, 0,66070, dan 0,6759 terjadi penurunan nilai koefisien perpindahan panas yaitu (0,590, 0,468, dan 0,439) kW/m2°C. Selain itu, hasil nilai koefisien perpindahan panas pada pipa lurus dengan vortex generator lebih tinggi dibandingkan pipa lurus dengan aliran dua fasa. Keywords : kualitas fasa, koefisien perpindahan panas, pipa vortex, fasa campuran cair dan uap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dendi Adi Saputra, M.T
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 31 Oct 2017 16:46
Last Modified: 31 Oct 2017 16:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31294

Actions (login required)

View Item View Item