KONSEP PENGELOLAAN DANA TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI PT SEMEN PADANG (Pasca dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2012)

Deri, Rizal (2017) KONSEP PENGELOLAAN DANA TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI PT SEMEN PADANG (Pasca dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2012). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

KONSEP PENGELOLAAN DANA TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN DI PT SEMEN PADANG (Pasca Dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012) Oleh : DERI RIZAL ABSTRAK Corporate Social Responcibility (CSR) adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pihak perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Konsep CSR merupakan penggabungan aspek sosial, lingkungan dan stakeholder (pemangku kepentingan) di dalam melakukan aktivitas usaha. Kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan banyak dalam bentuk kegiatan Charity dan Philantropy berupa : kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian sembako, sunatan massal dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Kegiatan-kegiatan ini banyak dikritik karena kegiatan tersebut dinilai kurang memiliki manfaat jangka panjang dan kurang memiliki nilai edukasi untuk masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui konsep pengelolaan dana CSR di PT Semen Padang Pasca di keluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Serta dampak apa saja yang dirasakan oleh PT Semen Padang dalam pengelolaan CSR yang merujuk kepada PP Nomor 47 Tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah normatif sosiologis, yaitu dengan melihat norma-norma hukum yang ada dan membandingkannya dengan keadaan yang terjadi dilapangan. Data yang ada pada penelitian ini akan dijelaskan secara deskriptif analitis yang menguraikan data-data dengan berlandaskan kepada hal-hal normatif dan empiris. Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa PT Semen Padang melakukan pengelolaan CSR dengan menggunakan metode Triple Bottom Line (Planet, Profit dan People) yang diintegrasikan dengan ISO 26000 serta berdasarkan Peraturan dan Perundang-Perundangan maka lahirlah Strategic Flagship CSR Semen Padang dengan tema Basinergi Mambangun Nagari dengan empat pilar strategis yaitu : Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari. Kata Kunci : CSR, PT Semen Padang, Basinergi Mambangun Nagari CONCEPT OF FUND MANAGEMENT SOCIAL RESPONSIBILITY OF COMPANY IN PT SEMEN PADANG (After the issuance of Government Regulation Number 47 Year 2012) By: DERI RIZAL ABSTRACT Corporate Social Responsibility (CSR) is an obligation that must be implemented by the company in accordance with the contents of article 74 of Law Number 40 Year 2007 About Limited Liability Company. The concept of CSR is a combination of social, environmental and stakeholder (stakeholder) aspects in conducting business activities. CSR activities conducted by many companies in the form of Charity and Philanthropy activities in the form of: free medical examination, provision of basic food, mass circumcision and various other social activities. These activities have been heavily criticized because they are considered to have less long-term benefits and less educational value to the community. The purpose of this research is: to know the concept of CSR fund management in PT Semen Padang Pasca in issuing Government Regulation No. 47 of 2012 on Corporate Social Responsibility and Environment Limited. And the impact of what is felt by PT Semen Padang in the management of CSR that refers to PP No. 47 of 2012. This type of research is normative sociological, that is by looking at the existing legal norms and compare it with the circumstances that occur in the field. The data available in this research will be explained by analytical descriptive which describes the data based on normative and empirical things. From the results of the research, it is concluded that PT Semen Padang manages CSR by using Triple Bottom Line (Planet, Profit and People) method which is integrated with ISO 26000 and based on Regulation and Legislation, it is born Strategic Flagship CSR Semen Padang with Basinergi Mambangun Nagari with four strategic pillars: Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Paduli Nagari and Semen Padang Elok Nagari. Keywords: CSR, PT Semen Padang, Basinergi Mambangun Nagari

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Hj. YULFASNI, SH., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 11 Oct 2018 12:59
Last Modified: 11 Oct 2018 12:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30994

Actions (login required)

View Item View Item