Simulasi Dan Analisa Performansi Buck Converter Dengan Pengendali 1 Derajat Kebebasan Dan Pengendali 2 Derajat Kebebasan

Ismail, Ismail (2017) Simulasi Dan Analisa Performansi Buck Converter Dengan Pengendali 1 Derajat Kebebasan Dan Pengendali 2 Derajat Kebebasan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
LAPORAN TUGAS AKHIR ISMAIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Catu daya DC pada saat ini sangat banyak digunakan sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat mengkonversikan tegangan DC dari suatu tingkat tegangan tertentu ke tingkat tegangan lain. Salah satu catu daya DC itu adalah buck converter yang berfungsi untuk menurunkan tegangan. Agar sistem buck converter ini memiliki tanggapan tegangan keluaran yang baik maka perlu dikontrol dengan pengendali 1 Derajat Kebebasan dan pengendali 2 Derajat Kebebasan. Tanggapan tegangan yang diamati pada penelitian ini adalah performansi dalam domain waktu yaitu analisa peralihan. Pada penelitian sebelumnya hanya menggunakan 1 pengendali sehingga dibutuhkan pengendali lain yang menjadi pembanding. Analisa pada pengendali dilakukan dengan bantuan perangkat lunak MATLAB dalam bentuk listing program. Setelah dilakukan analisa terhadap sistem buck converter tanpa pengendali maka ditentukan kriteria perancangan yang diinginkan. Kemudian dirancang sistem buck converter dengan pengendali yang meliputi PID 1 Derajat Kebebasan tipe parallel dan PID 2 Derajat Kebebasan tipe parallel, feedforward, feedback dan filter. Dari semua tipe pengendali tersebut maka didapatkan bahwa pengendali Proporsional Diferensial Filter Orde Pertama (PDF) pada PID 2 Derajat Kebebasan tipe feedforward dengan nilai Kp = 171, Kd = 0.00545, Tf = 4.88e-07 dan pengendali Proporsional Diferensial Filter Orde Pertama (PDF) pada PID 2 Derajat Kebebasan tipe feedbaack dengan nilai Kp = 171, Kd = 0.00545, Tf = 4.88e-07 adalah pengendali yang memenuhi kriteria yang diinginkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem kendali buck converter dengan pengendali PID 2 derajat kebebasan dapat menghasilkan sistem buck converter yang memiliki performansi yang memuaskan daripada buck converter tanpa pengendali. Kata Kunci: Buck Converter, PID 1 Derajat Kebebasan, PID 2 Derajat Kebebasan, sistem kendali, performansi domain waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 31 Oct 2017 15:57
Last Modified: 31 Oct 2017 15:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30762

Actions (login required)

View Item View Item