STUDI EKSPERIMENTAL RESPON PELAT STRIP KOMPOSIT BETON-BAJA RINGAN TERHADAP KAPASITAS LENTUR DENGAN PEMBEBANAN SECARA MONOTONIK DAN BERULANG

Husnul, Ihsan (2017) STUDI EKSPERIMENTAL RESPON PELAT STRIP KOMPOSIT BETON-BAJA RINGAN TERHADAP KAPASITAS LENTUR DENGAN PEMBEBANAN SECARA MONOTONIK DAN BERULANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 ( Pendahuluan ))
bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 (Kesimpulan dan Saran))
bab 6 (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Struktur beton bertulang pada umumnya merupakan komposit beton-tulangan baja konvesional. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan teknologi beton menjadi komposit beton-baja ringan. Baja ringan merupakan baja canai dingin yang bersifat ringan dan tipis, baja ringan ini juga memiliki kuat tarik yang tinggi. Sesuai dengan SNI 4096:2007 baja ringan yang digunakan untuk struktur (G550) memiliki kuat tarik minimum 550 MPa. Pada penelitia ini dilakukan terhadap pelat strip komponen beton baja ringan, dengan mengamati respon pelat terhadap pembebanan. Spesimen/benda uji didesain dengan menggunakan material baja ringan profil kanal C75.75 dengan lipped channel merk TASO dan beton readymix dengan mutu target beton K- 400. Pada penelitian ini dibuat dan diuji sampai mencapai kondisi ultimit sebanyak 6 buah spesimen. Adapun parameter yang divariasikan adalah tebal/tinggi dari spesimen yaitu 80 mm, 100 mm, dan 120 mm, serta pembebanan yang diberikan adalah secara monotonik dan berulang. 3 spesimen acuan dengan beban monotonik dan 3 spesimen untuk beban berulang. Komponen pelat strip diuji dengan menggunakan beban dua titik di tengah bentang dan jarak antar joint 2000 mm. Dari pengujian tersebut didapatkan beban dan lendutan maksimum berdasarkan kurva beban perpindahan, dimana terjadi peningkatan beban maksimum untuk spesimen dengan ketebalan yang lebih besar, dan peningkatan perpindahan pada spesimen yang diberi pembebanan secara berulang. Kata Kunci : Komposit Beton Baja Ringan, Komponen Pelat Strip, Pembebanan, Kapasitas Lentur

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SABRIL HARIS HG, PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 10:35
Last Modified: 25 Oct 2017 10:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30645

Actions (login required)

View Item View Item