PENGENDALIAN KONTAMINASI TOTAL COLIFORM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DENGAN KONSEP HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) (STUDI KASUS: KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG)

DHITA, DWI TIRTA (2017) PENGENDALIAN KONTAMINASI TOTAL COLIFORM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DENGAN KONSEP HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) (STUDI KASUS: KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Higiene dan sanitasi merupakan hal yang penting dalam menentukan kualitas makanan atau minuman, dimana Total Coliform sebagai salah satu indikator terjadinya pencemaran makanan atau minuman dapat menyebabkan penyakit akibat makanan. Pada Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) melibatkan banyak alat dalam penyediaan dan pengolahan air minum sehingga dibutuhkan suatu sistem penjaminan keamanan pangan yang bersifat preventif salah satunya dengan konsep HACCP. Penelitian ini dilakukan di 10 DAMIU yang ada di Kecamatan Pauh Kota Padang. Analisis potensi bahaya dilakukan melalui pengamatan langsung di lapangan dan pengujian di laboratorium, untuk melihat kemungkinan kontaminasi Total Coliform dengan metode MPN. Titik uji dalam penelitian ini adalah air baku yang terdapat dalam tandon, air hasil produksi yang akan dijual ke konsumen dan masa tinggal air selama 3 hari di dalam galon. Hasil pengujian menunjukkan higiene sanitasi DAMIU dengan kandungan Total Coliform memiliki hubungan negatif dan kuat (r=-0,750) berarti semakin tinggi higiene sanitasi suatu depot, maka semakin rendah kandungan Total Coliform pada AMIU. Berdasarkan hasil analisis bahaya yang menjadi titik CCP yaitu tabung filter, sinar UV dan pencucian galon. Dibutuhkan tindakan pengendalian agar titik CCP yang melebihi batas baku mutu dapat diterima, tindakan pengendalian yaitu berupa pengontrolan alat DAMIU dan memperketat higiene sanitasi karyawan. Kata Kunci: Total Coliform, DAMIU, HACCP, Kecamatan Pauh, Higiene Sanitasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RINDA ANDHITA REGIA, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Oct 2017 10:09
Last Modified: 25 Oct 2017 10:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item