GANGGUAN VERBAL ANAK RETARDASI MENTAL DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA KALUMBUK PADANG; Studi Kasus pada “Mila”

Yuke, Yolanda (2017) GANGGUAN VERBAL ANAK RETARDASI MENTAL DI PANTI SOSIAL BINA GRAHITA KALUMBUK PADANG; Studi Kasus pada “Mila”. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yuke Yolanda. 2017. Gangguan Verbal Anak Retardasi Mental di Panti Sosial Bina Grahita Kalumbuk Padang; Studi Kasus pada “Mila”. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas. Pembimbing I: Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. Pembimbing II: Leni Syafyahya, S.S., M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Apa saja gangguan verbal Mila pada tataran fonologi? 2. Apa saja faktor non lingistik yang menyebabkan Mila mengalami gangguan berbahasa? Tujuan penelitian ini adalah: 1 Mendeskripsikan gangguan verbal Mila pada tataran fonologi? 2.Mendeskripsikan faktor non linguistik yang menyebabkan Mila mengalami gangguan berbahasa? Ada tiga metode dan teknik yang digunakan, yaitu: 1. metode dan teknik penyediaan data, 2. metode dan teknik analisis data, dan 3. metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Dalam penyediaan data, digunakan metode simak dengan teknik dasarnya teknik sadap dan teknik lanjutan simak libat cakap (SLC), simak bebas libat cakap (SBLC), catat, dan rekam. Untuk analisis data , digunakan metode padan, Metode padan yang digunakan dalam penganalisisan data adalah metode padan artikulatoris yang alat penentunya organ pembentuk bahasa atau organ bicara, teknik dasarnya pilah unsur penentu (PUP), dan teknik lanjutanya teknik hubung banding membedakan (HBB). Dalam penyajian hasil analisis data, digunanakan metode informal dan formal. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa bentuk gangguan yang dialami oleh Mila yaitu gangguan secara fonetis. Bentuk gangguan tersbut dapat dilihat pada kesalahan fonologis terdiri dari, penggantian, penghilangan, penambahan, dan ketidakteraturan bunyi yang paling banyak ditemukan adalah penghilangan bunyi yaitu sebanyak 53 fonem, Dari 100 daftar kata yang penulis ujikan kepada anak, terdapat empat belas kata terjadi penggantain fonem, lima puluh tiga kata penghilangan fonem, lima kata penambahan fonem, dan sepuluh kata ketidakteraturan fonem. Gangguan berbahasa pada Mila disebabkan oleh IQ Mila di bawah rata-rata berkisar dari 68-61. Faktor non linguistik yang mempengaruhi kemampuan verbal anak, yang terdiri dari : 1. genetik, 2. kelainan oragan bicara, 3. prematur, 4. rudapaksa, 5. gangguan jiwa berat 6. deprivasi psikososial, 7. alergi makanan, 8. deprivasi lingkungan, yang ikut andil penyebab anak RM adalah genetic deprivasi psikososial dan deprivasi lingkungan. Kata kunci: retardasi mental, kemampuan verbal, faktor internal dan eksternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Gusdi Sastra, M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:01
Last Modified: 24 Oct 2017 12:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30440

Actions (login required)

View Item View Item