GAMBARAN PRAKTIK PELACURAN PADA MASA PENJAJAHAN JEPANG DALAM NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Fitri, Rahmadani (2017) GAMBARAN PRAKTIK PELACURAN PADA MASA PENJAJAHAN JEPANG DALAM NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV (Kesimpulan & Saran))
BAB IV.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Rahmadani. 1310721018. Gambaran Praktik Pelacuran pada Masa Penjajahan Jepang dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2017. Pembimbing I: Dr. Syafril, M.Si. Pembimbing II: Reno Wulan Sari, S.S., M.Hum. Skripsi ini merupakan hasil penelitian terhadap masalah sosial yang terdapat dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, yaitu tentang masalah praktik pelacuran yang terjadi pada masa penjajahan Jepang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pikiran bahwa hal tersebut dapat dipandang sebagai salah satu refleksi sosial yang terjadi di masa penjajahan Jepang. Karya sastra yang mereflesksikan kondisi suatu masyarakat tertentu pada waktu karya itu lahir. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan teori mimesis. Sedangkan metode penelitian yaitu metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa novel Cantik Itu Luka membahas mengenai bentuk praktik pelacuran di masa penjajahan Jepang. Bentuk-bentuk praktik pelacuran yang terdapat dalam novel, yaitu penangkapan perempuan Indonesia oleh tentara Jepang, ditempatkan dalam lokalisasi, dikelola seorang mucikari kaki tangan Jepang, berada di bawa paksaan atau kekuasaan tentara Jepang. Faktor penyebab praktik pelacuran tersebut, yaitu mulai berkuasa Jepang di Nusantara (Indonesia), pemenuh kebutuhan seks tentara Jepang. Adapun dampak yang terjadi dari praktik pelacuran tersebut, yaitu merusak kehidupan dan menjatuhkan martabat perempuan di mata masyarakat. Kata kunci: Novel, Eka Kurniawan, Cantik Itu Luka, Gambaran Praktik Pelacuran pada Masa Penjajahan Jepang, Sosiologi Sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril, M.Si.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 18 Oct 2017 16:05
Last Modified: 18 Oct 2017 16:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30091

Actions (login required)

View Item View Item