PENGARUH PELATIHAN (TRAINING) TERHADAP EXPERTISE SUBJEK DALAM PENGUJIAN AUDIO MULTICHANNEL BERDASARKAN REC. ITU-R BS.1116-1 (SMALL IMPAIRMENT)

Sandy, Fernando (2015) PENGARUH PELATIHAN (TRAINING) TERHADAP EXPERTISE SUBJEK DALAM PENGUJIAN AUDIO MULTICHANNEL BERDASARKAN REC. ITU-R BS.1116-1 (SMALL IMPAIRMENT). Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
1087.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Pengujian audio subjektif (subjective test) merupakan salah satu metode untuk menguji kualitas codec dengan melibatkan manusia sebagai subjek untuk menilai kualitas audio kompresi yang dihasilkan oleh codec tersebut. Pengujian audio subjektif memiliki standar yang ditetapkan oleh ITU-R pada rec. ITU-R BS.1116-1 (subjective assessment of small impairments dengan metode the double blind triple stimulus with hidden reference). Namun dibutuhkan subjek yang ahli (expert) untuk melakukan pengujian ini, dimana di lingkungan Teknik Elektro, Universitas Andalas belum ada subjek yang expert di bidang audio coding. Pada penelitian ini dilakukan pelatihan untuk mendapatkan subjek yang expert di lingkungan Teknik Elektro. Keberhasilan pelatihan ini ditinjau dari hasil pengujian, yaitu dengan membandingkan SDG (Subject Difference Grade) yang didapat dari pengujian pertama dan pengujian kedua. Pelatihan yang dilakukan berhasil menghasilkan subjek yang expert dengan peningkatan subjek sebanyak 7 orang dan peningkatan SDG rata-rata sebesar 0.32 dari hasil pengujian sebelumnya. Ini mengindikasikan metode pelatihan berhasil meningkatkan dan menghasilkan subjek yang expert. Kata Kunci : Audio Multichannel, subjective test, audio reference, audio under test, SDG, Codec.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Ms Azizah Yasefia
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:34
Last Modified: 02 Mar 2016 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item