FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI BUDIDAYA DAN FERMENTASI BIJI KAKAO OLEH PETANI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN(STUDI KASUS DI KECAMATAN SUNGAI GERINGGING)

Zulrasdi, Zulrasdi (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI BUDIDAYA DAN FERMENTASI BIJI KAKAO OLEH PETANI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN(STUDI KASUS DI KECAMATAN SUNGAI GERINGGING). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V Kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor – faktor yang berhubungan dengan adopsi inovasi dan sejauhmana tingkat adopsi inovasi teknologi budidaya dan fermentasi biji kakao di kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Nopember 2016 di kecamatan Sungai Geringging kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah petani sebanyak 90 orang. Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat adopsi inovasi teknologi yang tergolong kategori tinggi sebanyak 57 orang dan kategori sedang sebanyak 33 orang. Faktor yang mempunyai hubungan signifikan dengan tingkat adopsi adalah: motivasi berkarya dan luas kepemilikan lahan berkorelasi negatif atau tidak searah. Sedangkan yang berkorelasi positif adalah; tingkat kesesuaian, tingkat kemudahan, kemampuan penyuluh menggunakan media, frekuensi penyuluhan, serta kemampuan penyuluh dalam berkomunikasi. Kata kunci : Penyuluhan, Adopsi, Inovasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, M.S
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 30 Aug 2017 12:44
Last Modified: 30 Aug 2017 12:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29308

Actions (login required)

View Item View Item