Pengaruh Perbedaan Jenis Bahan Pengental terhadap Karakteristik Fisikokimia Asam Durian Bubuk dari Dua Metode Pengeringan

Diani, Safitri (2017) Pengaruh Perbedaan Jenis Bahan Pengental terhadap Karakteristik Fisikokimia Asam Durian Bubuk dari Dua Metode Pengeringan. Diploma thesis, Unversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
3. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas pada Juni 2016 sampai Januari 2017. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perbedaan jenis bahan pengental dan metode pengeringan terhadap karakteristik fisikokimia, mikrobiologi, dan organoleptik asam durian bubuk yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 3 perlakuan (gum arab, maltodekstrin, dan CMC) dan 2 kelompok (oven vakum dan freeze dryer), dengan masing-masing 3 ulangan. Pengujian yang dilakukan antara lain uji kadar air, total padatan, total asam, pH, total gula, vitamin C, antioksidan, total Bakteri Asam Laktat (BAL), dan organoleptik terhadap asam durian bubuk serta uji viskositas dan organoletik pada asam durian rehidrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan jenis bahan pengental dan metode pengeringan yang digunakan tidak berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisikokimia dan mikrobiologi asam durian bubuk yang dihasilkan pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil uji organoleptik produk terbaik yang dihasilkan adalah produk dengan cara pengeringan freeze dryer dan penambahan bahan pengental maltodekstrin (B2) dengan nilai warna 4,48 (suka), tekstur 4,04 (suka), dan aroma 4,00 (suka) pada asam durian bubuk. Asam durian rehidrasi dengan perlakuan sama mendapat nilai warna 4,32 (suka), aroma 4,04 (suka), tekstur 3,80 (biasa mendkati suka), konsistensi 4,24 (suka), dan rasa 3,84 (biasa mendekati suka). Kata kunci - asam durian, pengeringan, pengental, bakteri asam laktat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Alfi Asben, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 14 Aug 2017 14:35
Last Modified: 14 Aug 2017 14:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item