ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ASAM LAKTAT BERPOTENSI SEBAGAI PROBIOTIK DARI BEBERAPA PRODUK KOMERSIAL VIRGIN COCONUT OIL DI PADANG

Mutiara, Ismet (2017) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI ASAM LAKTAT BERPOTENSI SEBAGAI PROBIOTIK DARI BEBERAPA PRODUK KOMERSIAL VIRGIN COCONUT OIL DI PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
MUTIARA ISMET-1520413001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. Probiotik biasanya dikonsumsi dalam bentuk produk olahan susu. Namun, konsumsi produk probiotik olahan susu menyebabkan peningkatan jumlah kasus intoleransi laktosa dan efek merugikan dari kandungan kolesterol didalamnya. Sehingga saat ini dibutuhkan produk probiotik yang baru dan bukan dari susu. Virgin coconut oil (VCO) berpotensi menjadi sumber probiotik dan produk probiotik bukan dari susu, karena diketahui mengandung bakteri asam laktat yang merupakan kelompok utama bakteri probiotik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengisolasi dan mengkarakterisasi bakteri asam laktat (BAL) berpotensi sebagai probiotik dari lima produk komersial VCO yang beredar di Padang, Sumatera Barat. Isolat BAL diperoleh dari masing-masing produk VCO dan dikarakterisasi secara morfologi dan biokimia. Selanjutnya isolat BAL yang diperoleh diseleksi berdasarkan tahapan seleksi probiotik, yakni resistensi terhadap pH 2, resistensi terhadap garam empedu, aktivitas antibakteri terhadap bakteri patogen (Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Listeria monocytogenes), uji hidrofobisitas, dan resistensi terhadap antibiotik. Lalu, isolat BAL yang paling berpotensi sebagai probiotik dikarakterisasi berdasarkan analisis urutan basa 16S rDNA. Sebanyak 18 isolat BAL yang diperoleh berupa bakteri Gram positif dan katalase negatif. Delapan isolat BAL berbentuk kokus dan 10 isolat lainnya berbentuk basil. Selain itu, dua isolat BAL bersifat heterofermentatif dan 16 isolat lainnya bersifat homofermentatif. Setelah tahapan seleksi probiotik, dari 18 isolat diperoleh satu isolat yang paling berpotensi sebagai probiotik, yakni isolat A-3 yang diisolasi dari produk A. Berdasarkan analisis urutan basa 16S rDNA, isolat A-3 identik dengan Lactobacillus fermentum strain KF7, dimana identitas maksimal mencapai 100%. Sehingga produk komersial VCO A dapat berpotensi sebagai sumber probiotik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sumaryati Syukur
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 31 Jul 2017 11:29
Last Modified: 31 Jul 2017 11:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28820

Actions (login required)

View Item View Item