Upaya Diplomasi Publik Thailand Melalui Strategi Gastrodiplomasi Dalam Mengubah Image Negatif Di Negaranya

MUHAMMAD, RIDHO (2017) Upaya Diplomasi Publik Thailand Melalui Strategi Gastrodiplomasi Dalam Mengubah Image Negatif Di Negaranya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Upload fix.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Upload.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 Upload.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Upload.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Gabungan Upload Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menganalisa upaya diplomasi publik yang dilakukan Thailand dalam mengubah image negaranya melalui kampanye gastrodiplomasi. Penelitian ini menggunakan konsep diplomasi publik yang digagas oleh Nicholas J. Cull yang membagi aktifitas diplomasi publik ke dalam enam indikator, yaitu Listening, Advocacy, Cultural Diplomacy, Exchange Diplomacy¸ International Broadcasting, dan Psychological Werfare Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis yang menggunakan data sekunder. Dalam penelitian ini kampanye gastrodiplomasi dikelompokkan berdasarkan aktifitas diplomasi publik, sehingga gastrodiplomasi menjadi jawaban dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa aktifitas Diplomasi Publik yang dilakukan Thailand menjadi cara yang efektif dalam mengubah image negaranya, dimana aktifitas Cultural Diplomacy menjadi upaya yang paling diutamakan. Kata Kunci: Thailand, Diplomasi Publik, Gastrodiplomasi, Image negara   ABSTRACT This research analyzes the public diplomacy efforts conducted by Thailand to change their national image through gastrodiplomacy campaign. This research uses the concept of Public Diplomacy initiated by Nicholas J. Cull who divided the activities into six indicators, they are Listening, Advocacy, Cultural Diplomacy, Exchange Diplomacy, International Broadcasting and Psychological Werfare. This research applied qualitative method with descriptive analytical approach by using secondary data. In this research gastrodiplomacy campaign is grouped based on the activities of Public Diplomacy, therefore gastrodiplomacy become answer of this research. This research found that Thailand’s Public Diplomacy is an effective ways to change their image, and Cultural Diplomacy is the main ways. Keywords: Thailand, Public Diplomacy, Gastrodiplomacy, National Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 27 Jul 2017 17:55
Last Modified: 27 Jul 2017 17:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28338

Actions (login required)

View Item View Item