ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN ANTARA KEPUASAN DENGAN HARAPAN PETANI SEBAGAI NASABAH TERHADAP KINERJA LAYANAN KREDIT MIKRO DI LKMA INDARUNG SEPAKAT DI KOTA PADANG

Suci, Citrawati Wafid (2013) ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN ANTARA KEPUASAN DENGAN HARAPAN PETANI SEBAGAI NASABAH TERHADAP KINERJA LAYANAN KREDIT MIKRO DI LKMA INDARUNG SEPAKAT DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
326.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di LKM-A Indarung Sepakat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2013. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan /kinerja dalam penyaluran kredit mikro dan menganalisis harapan nasabah dalam pelayanan kredit mikro yang diberikan LKM-A Indarung Sepakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder yang dianalisa secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memaparkan bahwa tingkat kesesuian antara kepuasan dan harapan nasabah terhadap layanan kredit sebesar 86,06 % yang berarti telah mendekati harapan. Tingkat kesesuaian sebesar 86,06 % ini dipengaruhi oleh beberapa atribut yang kepentingan rendah seperti yang ada di kuadran D, namun mendapatkan penilaian kepuasan yang tinggi dari nasabah. Akan tetapi, variabel keandalan yang dinilai sebagai indikator paling penting dalam jasa mempunyai nilai yang rendah. Hal ini menggambarkan bahwa pelayanan LKM-A yang sangat penting dirasakan nasabah masih jauh dari harapan dan memerlukan evaluasi dan perbaikan kinerja agar lebih baik lagi. LKM-A Indarung Sepakat disarankan mampu untuk memperbaiki atributatribut yang berada di kuadran A sebagai prioritas utama dengan cara membenahi tingginya angka kredit macet terlebih dahulu agar kas LKM-A menjadi bertambah dan bisa merealisasikan dana pinjaman kepada nasabah dengan optimal, serta harus melakukan survey lapangan terlebih dahulu sebelum persetujuan proposal. Untuk atribut yang telah mendekati harapan nasabah, LKM-A harus bisa mempertahankannya, begitu juga dengan atribut yang dianggap kurang penting agar LKM-A mempertimbangkan kembali kinerjanya untuk menghemat biaya operasional. Kata Kunci : LKM-A, kepuasan nasabah,harapan nasabah, atribut layanan kinerja, kredit mikro

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 02 Mar 2016 02:40
Last Modified: 02 Mar 2016 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item